Senin, 28 Okt 2019 12:37 WIB

Hari Sumpah Pemuda, Ini Jenis Olahraga yang Banyak Digemari Kaum Muda

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kaum muda juga bisa berkontribusi pada negeri dengan cara menjaga kebugaran sehingga tidak mudah jatuh sakit (Foto: iStock) Kaum muda juga bisa berkontribusi pada negeri dengan cara menjaga kebugaran sehingga tidak mudah jatuh sakit (Foto: iStock)
Jakarta - Tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Para generasi muda diharapkan dapat melanjutkan perjuangan dan membanggakan Negara Indonesia dengan berbagai prestasi yang dicapainya. Agar tetap optimal dalam mencapainya, kesehatan dan kebugaran tubuh juga menjadi salah satu faktor yang menentukan.

Gaya hidup yang kurang sehat dapat membuat kinerja tubuh menurun dan sulit untuk berkonsentrasi. Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa dengan berolahraga rutin dapat membantu generasi muda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dan lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu.

Beberapa jenis olahraga yang cukup populer di tengah generasi muda ini bisa dicoba untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.



1. Berlari

Berlari menjadi salah satu olahraga sederhana yang bisa dilakukan oleh banyak orang. Dengan berlari secara teratur, dapat membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Olahraga ini juga bermanfaat untuk metabolisme dan pembakaran lemak.

Olahraga ini juga sedang banyak digeluti anak muda yang mengikuti berbagai event lari, seperti marathon dengan jarak tempuh yang bervariasi, saat Car Free Day (CFD), maupun jadi olahraga rutin harian.

2. Berenang

Olahraga air ini cukup banyak digemari banyak kalangan, termasuk anak-anak muda. Berenang juga menjadi salah satu olahraga yang cukup populer, sehingga banyak dijadikan sebagai ekstrakulikuler di sebagian sekolah.

Berenang memiliki berbagai manfaat, seperti baik untuk jantung, menurunkan berat badan, sistem pernapasan, membantu menurunkan tekanan darah, dan mengendalikan gula darah.

3. Bersepeda

Bersepeda akhir-akhir ini juga sangat populer di kalangan anak muda. Hal ini juga didukung oleh program pemerintah untuk bekerja menggunakan sepeda agar mengurangi polusi.

Bersepeda secara teratur juga jadi cara terbaik untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, seperti stroke, tekanan darah tinggi, dan serangan jantung. Tak hanya itu, olahraga mudah dan mudah ini dapat meningkatkan kualitas jantung, paru-paru, dan sirkulasi darah.

4. Yoga

Yoga banyak digemari masyarakat untuk membantu meredakan dan mencegah stres. Selain itu, jenis olahraga ini juga dapat membantu dalam proses penurunan berat badan. Jika dilakukan dengan mindfulness meditasi, yoga juga bisa meningkatkan fungsi otak dan kemampuan kognitif dalam mengontrol pola pikir serta bertindak.

5. Basket

Basket juga jadi salah satu olahraga yang diminati di Indonesia, terutama di kalangan anak muda. Saking populernya, olahraga ini juga dijadikan sebagai ekstrakulikuler di berbagai sekolah maupun universitas.

Basket juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Olahraga dengan menggunakan bola ini dapat membakar kalori, membangun kekuatan tulang, mengembangkan konsentrasi, dan melatih otot.



Simak Video "Barre, Olahraga dengan Perpaduan Balet dan Pilates "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)