Senin, 04 Nov 2019 16:56 WIB

Patah Pergelangan Kaki Seperti Andre Gomes, Begini Menanganinya

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Andre Gomes cedera (Foto: Jan Kruger/Getty Images) Andre Gomes cedera (Foto: Jan Kruger/Getty Images)
Jakarta - Andre Gomes, gelandang Everton mengalami cedera patah tulang pergelangan kaki kanan saat menghadapi Tottenham Hotspur, Minggu (3/11/2019). Kejadian itu langsung ditangani oleh petugas medis dengan diberikan alat bantu pada kaki.

Dalam pertandingan tersebut, Gomes mendapat tekel keras dari Son Heung-min pada menit ke-78. Everton lalu menyatakan Gomes mendapat penanganan operasi pada Senin (4/11/2019) ini.

Spesialis kedokteran olahraga dari Slim and Health Sports Therapy, dr Michael Triangto, SpKO mengatakan cedera seperti yang dialami Gomes harus diberikan penanganan yang tepat sejak awal.

"Yaitu dengan RICE, yang pertama harus Rest dulu, kemudian berikan kompres (Ice) jangan diurut. Kemudian menggunakan bebat (Compression), lalu bagian engkel diangkat dengan proses gravitasi (Elevation). Pembengkakan tadi akan berkurang. Setelah benar, dilanjutkan dengan diagnosisnya apa," jelas dr Michael.



Jika cedera sudah tertangani, nantinya dilakukan pengembalian stamina.

"Setelah itu kita kembalikan kesehatan dan kebugarannya tadi dengan melakukan-melakukan latihan yang rutin," katanya.

Akibat tekel lawan, memang seringkali terjadi cedera pada engkel. Namun jarang yang diakibatkan oleh cara latihan yang salah, apalagi pada seorang atlet profesional.



Simak Video "Lelah Dengan Tekanan Sosial? Jangan Malu Curhat ke Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)