Senin, 04 Nov 2019 17:30 WIB

Sakit Lutut Seperti Dian Sastro, Begini Proses Pemulihannya

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Dian Sastrowardoyo (Foto: Delia Arnindita Larasati/detikHOT) Dian Sastrowardoyo (Foto: Delia Arnindita Larasati/detikHOT)
Jakarta - Melalui postingan di Instagram, Dian Sastrowardoyo mengungkapkan rasa sedihnya tak bisa ikut New York Marathon karena lutut yang bermasalah. Dia pun tak bisa berlari untuk sementara waktu.

Sekitar satu bulan belakangan ini Disas mengaku merasakan nyeri pada lututnya. Bahkan di saat aktivitas sehari-hari. Maka dari itu dokter menyarankannya untuk rehat sejenak dari aktivitas lari.

Waktu penyembuhan untuk cedera atau nyeri pada lutut sendiri sangat beragam. Hal ini berkaitan dengan parahnya sakit yang dialami. Menurut spesialis kedokteran olahraga dr Michael Triangto, SpKO tiga bulan sudah termasuk fase istirahat yang panjang.

"Kalau dalam waktu 2 bulan, perkembangannya gimana, diharapkan dia bisa latihan lagi, dong. Tapi kalau udah 3 bulan enggak terlihat seperti yang kita harapkan, kita harus beri tindakan," katanya pada Senin (4/11/2019).



Ketika sudah sembuh, bukan berarti pasien bisa langsung 'nyemplung' untuk lari lagi.

"Masyarakat hanya memahami kalau lutut sakit lalu jadi tidak sakit itu berarti sudah sembuh, ya. Dari robekannya sudah sembuh. Tapi apakah robekan tadi nantinya tidak robek lagi? Bisa terjadi lagi," ujar dr Michael.

"Dengan demikian kita tidak cukup pada batasan tidak sakit, tapi juga harus meningkatkan lagi kemampuan seperti sebelumnya. Jadi otot-ototnya kita harus kuatkan. Selama belum kuat, kita akan berikan alat bantu. Itu harus direncanakan dari awal," jelas dr Michael.



Simak Video "Tips Diet ala Dian Sastrowardoyo Setelah Makan Banyak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)