Selasa, 05 Nov 2019 07:35 WIB

Ini Tips Berolahraga Biar Nggak Bosan dan Ngantuk

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Olahraga pagi biar nggak bosan banyak caranya! Foto: ilustrasi/thinkstock Olahraga pagi biar nggak bosan banyak caranya! Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk tubuh kita kembali bugar dengan berolahraga, sebelum memulai aktivitas bekerja. Berbagai macam cara bisa dilakukan, seperti nge-gym, berlari, bersepeda, dan lainnya.

Berolahraga dapat mengurangi stres, membuat tubuh sehat, dan memperbaiki kualitas tidur kamu. Selain itu, rutin melakukannya bisa membuat jantung sehat, otak bekerja dengan baik, sendi tubuh lebih fleksibel, dan masih banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tapi, untuk mulai olahraga, biasanya muncul sejuta alasan yang bisa menghambat kegiatan sehat ini terlaksana. Kamu membutuhkan motivasi agar kegiatan itu dapat berjalan dengan lancar nggak bikin ngantuk apalagi bosen.

Dikutip dari Medium, beberapa tips ini bisa dilakukan agar olahraga kamu tidak bikin ngantuk dan bosan.


1. Coba Olahraga yang Berbeda

Jika olahraga atau latihan yang kamu lakukan membuat bosan atau terlalu membebani tubuh, kamu bisa menggantinya. Kamu bisa mengganti gerakan, alat, atau bentuk latihan yang baru, tapi tetap bisa membuat tubuh bugar tanpa bikin bosan menjalaninya.

2. Ikut klub olahraga

Saat kamu bosan untuk berolahraga tanpa ada instruktur atau teman, bisa coba ikut dalam sebuah klub. Bisa di gym biasa, yoga, pilates, bersepeda, HIIT, berenang, bahkan crossfit. Pasti rasanya akan lebih menyenangkan serta memotivasi diri untuk terus datang dan berolahraga rutin.

3. Ajak teman saat berolahraga

Jika kamu bosan berolahraga sendiri, kamu bisa mengajak teman seperjuangan yang ingin bugar dan sehat juga. Cara ini dapat terus memotivasi diri untuk rutin berolahraga, kenal banyak orang, dan yang paling utama adalah sehat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Annuals of Behavioral Medicine, mengungkapkan menjalani latihan bersama teman dapat memotivasi untuk terus melakukannya.

4. Berolahraga sambil mendengarkan musik

Dengarkan musik setiap kamu berolahraga. Hal ini dapat menjadikan sesi latihan lebih menyenangkan dan rileks, apalagi ditemani dengan lagu favoritmu.

Musik akan membuat tubuh bergerak sesuai irama, sehingga akan rileks dan santai saat berolahraga. Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa dengan mendengarkan lagu dengan tempo lebih cepat, dapat membuat gerakan yang kita lakukan akan lebih cepat dan bersemangat.



Simak Video "Cara Adinia Wirasti Atur Olahraga di Sela Kesibukan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)