Selasa, 12 Nov 2019 17:59 WIB

Beda Pencak Silat Vs Tarung Derajat, Bela Diri yang Dijalani Serda Gea

Widiya Wiyanti - detikHealth
Pencak silat pada Asian Games 2018. Foto: Grandyos Zafna Pencak silat pada Asian Games 2018. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Olahraga seni beladiri tarung derajat yang menjadi penyebab Serda Iman Berkat Gea yang meninggal jarang diketahui orang awam. Apa bedanya dengan seni bela diri seperti pencak silat yang banyak digeluti masyarakat Indonesia?

Pencak silat dan tarung derajat adalah seni bela diri yang sama-sama berasal dari Indonesia. Namun, pencak silat muncul lebih dahulu, diperkirakan menyebar mulai dari abad ke-7. Sedangkan tarung derajat resmi muncul pada tanggal 18 Juli 1972, seperti tertulis dalam laman Perguruan Pusat Tarung Derajat.

Dalam perbedaannya, pencak silat merupakan seni bela diri untuk mempersatukan berbagai aliran seni bela diri tradisional yang berkembang di Indonesia. Menurut Donn F. Draeger dalam bukunya 'Asian Fighting Arts', senjata dan seni beladiri silat adalah dua hal yang tak terpisahkan. Pencak silat bukan soal olah tubuh saja, melainkan juga pada hubungan spiritual yang terkait erat dengan kebudayaan Indonesia.



Sementara tarung derajat dikutip dari halaman Perguruan Pusat Tarung Derajat, bela diri ini adalah ilmu, tindakan moral dan sikap hidup yang memanfaatkan kemampuan daya gerak otot, otak, dan nurani secara realistis serta rasional. Tarung derajat fokus pada penguasaan dan penerapan kekuatan, kecepatan, ketepatan, keberanian, dan keuletan pada sistem ketahanan serta pertahanan diri yang agresif dan dinamis.

Istilah yang ada dalam pencak silat meliputi kuda-kuda, sikap dan gerak, langkah, kembangan, buah, jurus, sapuan dan guntingan, serta kuncian. Sedangkan pada tarung derajat bentuk-bentuk yang ada seperti gerakan pukulan, tendangan, tangkisan, bantingan, kuncian, hindaran, dan gerakan anggota tubuh penting lain yang mementingkan strategi bertahan serta menyerang praktis.

Selain bertarung dengan tangan kosong, pada pencak silat juga mengenal berbagai macam senjata, seperti keris, kujang, tongkat, rencong, tombang, golok, dan senjata khas lainnya yang biasanya sesuai dengan suatu wilayah.



Simak Video "Barre, Olahraga dengan Perpaduan Balet dan Pilates "
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/fds)