Jumat, 15 Nov 2019 17:00 WIB

Cedera Lutut Seperti Ridwan Kamil? Ini Pilihan Olahraga Selain Renang

Firdaus Anwar - detikHealth
Denah kolam renang di rumah dinas Ridwan Kamil. Foto: Mukhlis Dinillah Denah kolam renang di rumah dinas Ridwan Kamil. Foto: Mukhlis Dinillah
Jakarta - Kolam renang di rumah dinas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dibangun sebagai fasilitas olahraga. Menurut keterangan kolam renang dengan lebar 4 meter, panjang 29 meter, dan kedalaman 1,25 meter tersebut dibangun terutama untuk Ridwan Kamil yang cedera lutut.

Pembangunan kolam renang ini menarik perhatian netizen, salah satunya karena disebut menelan biaya sekitar Rp 1,5 miliar.

"Karena Pak Gubernur cedera lutut, dokter menyarankan agar tidak berolahraga lari atau olahraga motorik impact. Lalu disarankan rutin tiap hari berenang saja," kata Iip dalam siaran pers diterima detikcom, Jumat (15/11/2019).

Selain renang apa ada olahraga lain yang cocok dilakukan orang dengan cedera lutut? Dikutip dari berbagai sumber beberapa olahraga ini sebetulnya masih bisa dilakukan:



1. Bersepeda

Meski mengayuh pedal sepeda membutuhkan kekuatan otot-otot kaki, aktivitas ini menurut beberapa ahli masih aman untuk sendi lutut. Pelatih pribadi dan edukator kebugaran David Reavy menyebut bersepeda sebagai salah satu bentuk olahraga aerobik yang low impact.

Olahraga low impact artinya tidak membebani persendian terlalu berat sehingga minim risiko menimbulkan cedera.

2. Mendayung

Salah satu olahraga aerobik yang bisa dilakukan saat seseorang cedera lutut adalah mendayung. Penting diingat gerakan mendayung yang benar melibatkan tubuh bagian bawah. Pelatih pribadi Keli Roberts dari Los Angeles menyarankan olahraga ini, namun memperingatkan agar memilih opsi lain bila merasa nyeri pada lutut.

3. Pakai alat elliptical

Alat bantu olahraga elliptical biasanya mudah ditemukan di pusat-pusat kebugaran. Dibandingkan dengan treadmill alat ini bisa membantu seseorang latihan kardio tanpa terlalu menempatkan beban berat di sendi lutut.

4. Pilates

Pilates bisa jadi olahraga yang menurut National Health Service (NHS) Inggris melatih kelenturan tubuh saat dilakukan dengan benar. Olahraga pilates disebut-sebut cocok untuk mereka yang punya cedera lutut.



Simak Video "Barre, Olahraga dengan Perpaduan Balet dan Pilates "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)