Rabu, 27 Nov 2019 07:33 WIB

5 Manfaat Olahraga Muay Thai, Cobain Deh Pagi Ini!

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi. Foto: Pertandingan Muay Thai di Ayutthaya (Fitraya/detikTravel) Ilustrasi. Foto: Pertandingan Muay Thai di Ayutthaya (Fitraya/detikTravel)
Jakarta - Muay Thai belakangan ini sedang digandrungi oleh banyak milenial sebagai pilihan olahraga mereka untuk mengejar pola hidup sehat. Olahraga beladiri kuno asal Thailand ini melibatkan otot di seluruh tubuh, termasuk genggaman, siku, lutut, dan kaki.

Pada mulanya, Muay Thai akan terlihat intens dan sangat berat. Namun jika kamu mulai terbiasa melakukannya tiap hari, maka akan terasa mudah dan sangat baik bagi kamu yang sedang mencoba menurunkan berat badan. Berikut adalah 5 manfaat melakukan Muay Thai dikutip dari Times of India:



1. Olahraga yang melibatkan seluruh tubuh

Muay Thai adalah olahraga seluruh tubuh yang melibatkan berbagai macam otot. Kaki, tangan, dan inti tubuh bergerak bersamaan saat kamu meninju atau menendang. Saat menendang membantu menguatkan bagian otot paha, betis, dan hamstring, sementara meninju membantu menguatkan inri tubuh serta tricep dan bicep. Jika kamu melakukannya dengan benar, kamu berkesempatan untuk mengencangkan otot seluruh tubuh.

2. Membakar banyak kalori

Olahraga intens ini membantu membakar banyak kalori dalam waktu yang singkat. Sesi latihan yang kuat bisa membantumu menyingkirkan lemak yang tak diinginkan dalam tubuh dan menguatkan otot yang kendor. Dalam melakukan olahraga beladiri ini kamu butuh menunjukkan kekuatan, ledakan, pertahanan yang kuat, sehingga membantumu menurunkan berat badan lebih cepat. Studi menyebutkan melakukan Muay Thai selama satu jam dapat membakar 783 kalori.

3. Menguatkan tulang

Semakin menua kita, tulang dan sendi kita semakin kehilangan kemampuannya dan menjadi lemah. Sehingga bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti osteoporosis. Muay Thai juga meningkatakan kepadatan tulang dan meningkatkan keseimbangan.

4. Mengurangi kecemasan

Tak hanya baik untuk mengurangi berat badan namun Muay Thai juga bisa membantu menangkal kadar stres dan mengurangi kecemasan. Beberapa studi menunjukkan bahwa melakukan beladiri tiap hari membantumu untuk lebih fokus dan membantumu lebih bahagia dan rileks.

5. Memperbaiki kesehatan jantung

Muay Thai juga termasuk olahraga kardio yang cukup intens, sehingga bisa meningkatkan denyut jantung dan memperbaiki pernapasan. Beberapa studi menyebutkan bahwa melakukan olahraga kardio selama 150 menit tiap minggu meningkatkan kesehatan jantung.



Simak Video "Barre, Olahraga dengan Perpaduan Balet dan Pilates "
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)