Rabu, 04 Des 2019 18:04 WIB

Ini Sosok Aditya, Pesepakbola yang Viral Relakan Kakinya Diamputasi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Aditya Permana (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth) Aditya Permana (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth)
Jakarta - Beberapa waktu lalu, kisah pemuda yang merelakan kakinya diamputasi viral di sosial media. Bagaimana tidak, karena musibah tersebut ia harus menunda mimpinya menjadi pesepakbola.

Adalah Aditya Permana, pemuda berusia 22 tahun ini sukses memikat hati netizen karena kebesaran hatinya untuk mengamputasi kaki kanannya. Kala itu, keputusan mengamputasi dirasa jalan terbaik setelah sekitar satu tahun menunda yang malah membuat kondisi kakinya makin buruk.

"Keputusan saya untuk di amputasi sebenarnya buat kesehatan saya pribadi. Soalnya kan kondisi saat itu sudah setengah sekarat. Adit amputasi memang demi kebaikan sendiri," tutur eks pemain Persib U-17 ini saat ditemui detikcom di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (4/12/2019).

Setelah menjalani amputasi, Adit merasa kondisinya jauh lebih baik dari sebelumnya. Agar tidak terlalu menghambat aktivitas harian, ia memutuskan untuk memakai kaki palsu tentunya setelah berkonsultasi dengan tim medis.

"Sejak bulan September pakai kaki palsu, setelah fisio memang disarankan. Aku juga agak kesal aktivitas jadi terbatas. Pengen nyoba pakai kaki palsu biar lebih leluasa," sebutnya.



Keterbatasan tentu tak menghalangi Adit untuk menggapai mimpinya menjadi pemain sepakbola profesional. Meski setelah amputasi ia sempat bingung dan putus asa, ternyata secercah harapan muncul saat ia berhasi lolos dalam seleksi Indonesia Amputee Football dan akan berlaga pada Asia Amputee Football pada 2020 mendatang.

"Sekarang sih sibuk latihan. Waktu itu juga sempet bingung mau olahraga apa, lihat-lihat di sosmed ternyata ada sepakbola amputasi. Dari situ mulai coba latihan," katanya.

"Sempat bingung juga cara nendang pakai tongkat gimana. Jadi adit mulai belajar 3 bulan, mulai Agustus. Jadi dari situ latihan terus pokoknya gimana caranya bisa nggak malu-maluin lah pas ke Jakarta (untuk audisi). Alhamdulillah sekarang sudah lancar," ungkapnya.

Selain aktif kembali di sepakbola, Adit juga kembali meneruskan kuliahnya di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati, Jawa Barat. Ia berpesan pada semua orang yang sedang mengalami kondisi yang sama agar tidak patah semangat. Sebab menurutnya keterbatasan bukan alasan untuk berhenti berkarya.



Simak Video "Viral Cerita Karyawan Sakit Leher Menahun Karena Kelamaan Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)