Minggu, 08 Des 2019 05:50 WIB

Bisa Dicoba! Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana Ini Bisa Atasi Stres

Nurul Khotimah - detikHealth
Teknik meditasi sederhana bisa mengatasi stres (Foto: thinkstock) Teknik meditasi sederhana bisa mengatasi stres (Foto: thinkstock)
Jakarta - Banyaknya pekerjaan dan deadline yang menumpuk bisa membuat stres. Kegalauan yang terus menerus berputar di kepala sering membingungkan manakah yang harus dikerjakan lebih dulu? Pikiran yang tenang dan jernih sulit sekali didapatkan ketika stres datang.

Untuk itu meditasi bisa dilakukan guna menjernihkan pikiran. Meditasi tidak harus dilakukan di tempat khusus kok, lakukan di rumah dengan cara sederhana juga bisa.

Menurut dr Yudhi H Gejali, MD, koordinator Tergar Meditation Centre Jakarta, yang paling sederhana bisa dimulai dengan duduk dan posisi tulang belakang tegak. Kemudian menutup mata dan atur napas.

"Tiap kali tarikan dan hembusan napas, Anda menyadari tarikan napas. Sering kali kan kita napas tapi tidak menyadari napas. Kita lagi makan kita menyadari yang lain," jelasnya kepada detikcom, saat ditemui di Tergar Meditation Center, Jakarta Barat, Sabtu (7/12/2019).



Dengan mengatur dan menyadari tiap tarikan dan hembusan napas akan membantu merefleksikan pikiran. dr Yudhi menyarankan untuk melakukannya secara rutin setiap hari. Namun tak perlu dalam jangka waktu lama asal dilakukan terus menerus. Luangkan waktu lima sampai 10 menit setiap hari.

"Ambil waktu lima menit sampai 10 menit dulu aja jangan lama-lama dulu. Short times many times, pendek-pendek tapi diulang-ulang terus. Daripada satu jam tapi hari ini meditasi besok nggak. Jadi lebih baik lima menit tapi setiap hari jangan putus," tegasnya.

Hal ini perlu dilakukan karena untuk membangun kebiasaan perlu dilakukan secara rutin. Begitu pun dengan meditasi. Ini berguna untuk mendapatkan efek yang baik dan melatih kesadaran dari meditasi.



Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)