Senin, 16 Des 2019 06:31 WIB

Kartini Legimin, Kreator Senam Legendaris SKJ 88 yang Masih Aktif Mengajar

Nurul Khotimah - detikHealth
Sosok Hj Kartini Legimin, kreator senam legendaris SKJ 88 (Foto: Nurul Khotimah/detikHealth)
Jakarta - Generasi 90-an pasti masih ingat SKJ (Senam Kesegaran Jasmani) 88. Senam legendaris ini sempat diwajibkan di sekolah-sekolah, sehingga banyak yang masih ingat gerakannya hingga puluhan tahun kemudian.

SKJ 88 yang legendaris tersebut dibuat oleh enam orang pesenam, salah satunya adalah Hj Hartini Legimin (75) . Bu Legi, demikian sapaannya, mengaku sudah hampir 44 tahun menekuni olahraga senam dan masih mempraktekan SKJ 'jadul' ini saat berolahraga sehari-hari.

"Senam dari tahun '75 sampai sekarang dan masih ngajar (senam) juga," tegasnya kepada detikcom, saat ditemui di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Minggu (15/12/2019).

Hingga kini sosok legend ini masih mengajar senam di usia senjanya. Khususnya senam gratis untuk anak-anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan lansia.

"Ngajar senam dari mulai anak-anak PAUD itu gratis supaya tetep sehat. Ada juga yang lansia, karena saya juga ada senam untuk lansia. Jadi ya untuk motivasi aja agar tetep sehat kuat, daripada gosip gitu," tambahnya.



Gerakan senam SKJ 88 terbilang simpel, mudah diingat dan diikuti.Gerakan senam SKJ 88 terbilang simpel, mudah diingat dan diikuti. Foto: Nurul Khotimah/detikHealth


Bagi Legi, melakukan senam karena suka dan sudah menjadi bagian kebiasaan. Selain itu, dengan senam ia bisa terus bergerak aktif agar tubuh tetap bugar. Ia selalu merasa ketika tidak melakukan senam seperti ada yang berbeda dari dirinya.

"Kalo nggak gerak itu kayanya badan nggak enak dan kita udah kebiasaan. Yang terpenting rasanya meski kita udah tua tapi rasanya kaya masih umur 25 tahun, pas ngaca taunya udah peot," tuturnya.

Selain menciptakan SKJ 88 yang melegenda, Legi juga menciptakan beberapa gerakan senam yang terbilang hits. Beberapa di antaranya ialah Senam Tamora dan Senam Bugar Lansia Indonesia (LBSI).

Karena gerakannya simpel, semua kelompok umur bisa mengikutinya.Karena gerakannya simpel, semua kelompok umur bisa mengikutinya. Foto: Nurul Khotimah/detikHealth




Simak Video "Pasien Isolasi COVID-19 di Klaten Diajak Senam hingga Mancing"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)