Senin, 16 Des 2019 19:31 WIB

Berjuang Lawan Depresi, Ferguson Terobsesi Jadi Wanita Terkuat di Inggris

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi angkat beban. Foto: thinkstock
Jakarta - Gemma Ferguson (34) merupakan mantan anggota militer Inggris. Setelah memutuskan untuk keluar sembilan tahun lalu, ia justru jatuh dalam depresi dan kecemasan.

Setelah keluar, ia berhasil mendapatkan pekerjaan baru namun tidak memiliki teman di daerah tersebut. Untuk bersosialisasi, Ferguson selalu mabuk-mabukan hingga mengonsumsi narkoba setiap akhir pekan.

Pada 2015, Ferguson kehilangan pekerjaannya dan didiagnosis dengan depresi. Kesehatan mental dan fisiknya semakin buruk, dan hobi minum-minum pun membuat berat badannya meningkat.

Ibunya, Jacqui pun tak tinggal diam melihat keterpurukan anaknya. Ia mengajak Ferguson untuk berlatih gym. Jacqui mendorong Ferguson untuk latihan angkat beban hingga memintanya mengikuti kompetisi empat minggu kemudian. Mengejutkan, Ferguson menduduki peringkat kedua dan merasa jatuh cinta pada kebugaran fisik.



Sejak itu di tahun 2016, Ferguson memutuskan untuk menjadi wanita terkuat di Inggris. Ia berharap bisa menunjukkan kepada semua orang bahwa ia bisa keluar dari kondisi terendah dalam hidupnya dan mengubah hidupnya.

"Memenangkan Wanita Terkuat Inggris adalah momen paling membanggakan dalam hidup saya selain bergabung dengan militer," ungkap Ferguson dikutip dari Metro.

Kini Ferguson latihan selama lima hari dalam seminggu dan memastikan mengonsumsi protein dan karbo yang sesuai dengan kebutuhan tubuhnya. Hingga akhirnya ia dapat mengangkat mobil, menarik bus dua tingkat, mengangkat batang kayu seberat 82,5 kilogram, mengangkat batu 110 kilogram, dan deadlift 195 kilogram.

"Saya ingin menunjukkan kepada orang lain bukan hanya mantan militer, siapapun, bahwa hal itu dapat dilakukan, Anda dapat mengubah hidup Anda, tetapi Anda harus menginginkannya. Butuh waktu, Roma tidak dibangun dalam sehari. Konsistensi dan kerja keras adalah kunci dari segalanya," pungkasnya.



Simak Video "Tips Berpuasa bagi Pasien Gangguan Kecemasan dan Psikosomatik"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)