Selasa, 31 Des 2019 19:00 WIB

Jelang Car Free Night, Ini Tips Buat Kamu yang Ingin Olahraga Malam

Meytha Cahyasari - detikHealth
Jelang car free night, ini tips buat kamu yang ingin olahraga malam. (Foto ilustrasi: Angling Adhitya Purbaya/detikcom) Jelang car free night, ini tips buat kamu yang ingin olahraga malam. (Foto ilustrasi: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Jakarta - Tahun baru menjadi momen yang ditunggu-tunggu banyak orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Banyak cara dilakukan untuk merayakan malam pergantian tahun ini mulai dari menyalakan kembang api, meniup terompet, menonton konser, sampai kegiatan car free night.

Di Jakarta car free night akan diadakan pada malam tahun baru di bundaran HI. Nah ini bisa jadi waktu tepat bagi kamu yang ingin mencoba olahraga malam hari.

Namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan berolahraga di malam hari. Berikut tips agar olahraga di car free night tidak merugikan tubuh:

1. Intensitas tidak berlebihan

Bila ingin mendapatkan manfaat kesehatan, olahraga harus dilakukan sesuai dengan kapasitas tubuh. Intensitas latihan tidak bisa disamakan pada setiap orang, karena masing-masing tubuh berbeda kebutuhannya.

"Bila olahraga dilakukan secara berlebihan dan tidak sesuai dengan kapasitas tubuh, akibatnya akan terjadi penimbunan asam laktat yang menyebabkan badan menjadi pegal-pegal dan sulit tidur," papar dr Michael Triangto, SpKO, ahli kesehatan olahraga.



2. Atur waktunya

Menurutnya dr Michael, bila olahraga dilakukan terlalu dekat dengan jam tidur akan menyebabkan siklus tubuh terganggu. Hal ini karena tubuh masih melakukan pembakaran meski olahraga sudah berlalu.

Akibatnya, tubuh menjadi panas, tidak tenang, susah tidur, kegelisahan, keresahan, bahkan menyebabkan stres. Inilah yang akhirnya menyebabkan siklus normal tubuh terganggu.

"Tapi ini tidak terjadi pada semua orang. Kalau orangnya sensitif bisa terjadi, tapi kalau kebal, tidur ya tidur saja," ujar dr Michael.

3. Minum yang cukup

"Faktor minum harus cukup, sehingga membuat proses pendinginan (tubuh) lebih cepat. Jadi suhu tubuh cepat kembali ke suhu normal. Juga dapat mengeliminasi asam laktat yang terbentuk lebih cepat. Hal ini yang membuat badan lebih nyaman," jelas dr Michael.



Simak Video "Tips Olahraga untuk Pemula ala Cinta Laura"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)