Sabtu, 04 Jan 2020 09:00 WIB

Sepeda 'Mahal' Tergenang Banjir? Beda Jenisnya, Beda Pula Cara Mencucinya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Mencuci sepeda ternyata tidak boleh sembarangan (Foto: Reyhan/detikHealth)
Jakarta - Musim penghujan yang terjadi pada saat ini kerap memicu datangnya banjir. Hal ini tentu akan menjadi masalah bila sepeda kesayangan juga ikut terendam air banjir.

Seorang penggiat sepeda, Arianda Wahyu Nugroho yang juga pemilik jasa cuci sepeda Pelotonwash mengatakan cara penanganan sepeda kotor berbeda tergantung jenisnya.

"Sepeda kan ada steel, ada aloy, ada carbon, dan lain-lain. Kalau carbon sebenarnya sama air nggak apa-apa yang penting kering," kata Arianda kepada detikcom, pada Jumat (03/01/2020).

"Carbon tuh yang penting jangan panas-panasan karena resin kan, lembaran carbon dilapisin resin dan digabung, kalau panas-panasan (bisa) retak tuh. Jadi, jangan (panas-panasan) tuh karbon," lanjutnya.


Sepeda 'Mahal' Tergenang Banjir? Beda Jenisnya, Beda Pula Cara MencucinyaFoto: infografis detikHealth

Berbeda dengan sepeda carbon, justru yang berbahan dasar steel akan rentan karat bila terendam air.

"Kalau air yang nggak tahan tuh paling steel sih, yang masih frame steel karena di luarnya sih nggak apa-apa, tapi kalau sudah kena hujan masuk air ke dalam kan nggak bisa liat dalamnya tuh itu bisa karat dari dalam, itu lebih bahaya," ucap Arianda.

Arianda menyarankan agar sepeda berbahan dasar steel yang terendam banjir untuk cepat dibilas dan dicuci, lalu dikeringkan sampai ke dalam-dalamnya, hingga tak ada lagi air yang tersisa pada sepeda.



Simak Video "Pesan Buat Pegowes Pemula dari dr. Falla Adinda"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)