Rabu, 15 Jan 2020 07:31 WIB

5 Manfaat Berenang sebagai Olahraga Pagi Ini (1)

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Berenang termasuk olahraga yang ramah sendi (Foto: iStock) Berenang termasuk olahraga yang ramah sendi (Foto: iStock)
Jakarta - Para ahli menyarankan kita untuk beraktivitas fisik sedang setidaknya selama 150 menit, atau 75 menit untuk olahraga berat tiap minggunya. Berenang menjadi salah satu olahraga untuk seluruh tubuh dan sistem kardiovaskular.

Berenang selama satu jam membakar kalori yang nyaris sama seperti berlari, ditambah dengan dampak baiknya pada tulang dan sendi. Dikutip dari Healthline, berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan dari berenang lainnya:



1. Olahraga seluruh tubuh

Salah satu manfaat terbesar dari berenang adalah olahraga ini benar-benar menggerakkan seluruh tubuhmu. Berenang dapat meningkatkan denyut jantung tanpa menyakiti tubuh, mengencangkan otot, membangun kekuatan, dan ketahanan tubuh. Berenang dengan gaya dada, gaya punggung, gaya bebas, gaya kupu-kupu berfokus pada kelompok otot yang berbeda.

2. Dan juga organ dalam

Ketika ototmu mendapatkan olahraga yang bagus, sistem kardiovaskularmu pun juga ikut 'berolahraga'. Berenang membuat jantung dan paru-parumu kuat, dan bahkan peneliti menyebut berenang bisa menurunkan risiko kematian dini. Dibandingkan dengan orang-orang yang tidak cukup aktif, perenang memiliki separuh risiko kematian. Beberapa studi lain juga menunjukkan bahwa berenang bisa menurunkan tekanan darah dan mengendalikan gula darah.

3. Baik untuk yang cedera dan kondisi lainnya

Berenang bisa menjadi olahraga yang aman dilakukan bagi orang-orang yang mengalami cedera, arthritis, disabilitas, dan masalah lainnya yang membuat seseorang sulit untuk melakukan olahraga high-impact. Berenang bisa membantu mengurangi beberapa nyeri atau membantumu pulih dari cedera.

4. Olahraga yang baik untuk pengidap asma

Selain untuk orang cedera, berenang juga baik untuk pengidap asma. Dalam berenang juga kita melakukan pelatihan pernapasan, seperti menahan napas bisa membantu memperluas kapasitas paru-paru dan menambah kendali akan pernapasan.

5. Baik untuk pengidap multiple sclerosis

Pengidap multiple sclerosis (MS) juga bisa mendapatkan manfaat dari berolahraga renang. Air membuat tangan dan kaki mengapung, membantu menguatkan mereka selama berolahraga, air juga bisa menjadi resisten yang baik.



Simak Video "Tips Olahraga untuk Pemula ala Cinta Laura"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)