Minggu, 19 Jan 2020 10:14 WIB

Olahraga Sebelum atau Setelah Sarapan? Begini Saran Ahli

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Sarapan atau olahraga dulu? (Foto: iStock)
Jakarta - Minggu pagi yang cerah dan ingin berolahraga, namun bingung kapan harus memulai sarapan, sebelum atau setelah berolahraga ya? Pertanyaan ini kerap diperdebatkan banyak penggemar kebugaran dan belum ada jawaban yang tepat.

Akan tetapi dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, peneliti dari University of Bath dan University of Birmingham menemukan bahwa mengganti waktu kapan kamu makan dan berolahraga bisa lebih baik dalam mengontrol kadar gula darah dan membantu menurunkan berat badan. Apakah artinya?

"Kami menemukan bahwa pria dalam studi yang berolahraga sebelum sarapan membakar dua kali lipat jumlah lemak ketimbang kelompok yang berolahraga setelahnya. Hasil studi kami menyebutkan bahwa mengubah waktu kapan kamu makan terkait dengan kapan kamu olahraga dapat membawa perubahan besar dan positif bagi kesehatanmu secara keseluruhan," tutur penulis studi, Javier Gonzalez dari University of Bath, dikutip dari Times of India.


Studi ini dilakukan pada 30 pria dan diperpanjang lebih dari periode satu setengah bulan. Pria-pria ini akan diklasifikasikan obesitas atau kegemukan dan kemudian hasilnya akan dikomparasi (siapa yang makan sebelum atau setelah olahraga dengan yang tak mengubah gaya hidup).

Dalam studi tersebut ditetapkan bahwa peningkatan penggunaan lemak terutama disebabkan oleh tingkat insulin yang lebih rendah selama olahraga ketika orang berpuasa semalaman, yang berarti bahwa mereka dapat menggunakan lebih banyak lemak dari jaringan lemak mereka dan lemak di dalam otot mereka sebagai energi.

Meski tidak menunjukkan adanya penurunan bobot yang signifikan, berolahraga sebelum sarapan memiliki dampak yang sangat positif pada kesehatan mereka karena tubuh mereka dapat lebih baik merespon pada insulin, menjaga kadar gula darah dalam kendali dan berpotensi menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

Selain itu, ditemukan juga otot mereka yang berolahraga sebelum sarapan mengalami peningkatan pada protein kunci, secara spesifik adalah mereka yang terlibat dalam memindahkan glukosa dari aliran darah ke otot.



Simak Video "Dokter Kanada Ini Ubah Antrean Belanja Jadi Kegiatan Olahraga Bareng"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)