Jumat, 24 Jan 2020 07:37 WIB

Naik dan Turun Tangga, Olahraga Sederhana yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Naik dan turun tangga, olahraga sederhana yang baik untuk kesehatan. (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Olahraga bisa dilakukan di mana dan kapan saja, tanpa perlu pergi ke pusat kebugaran. Sebab banyak sekali jenis olahraga yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah dengan naik-turun tangga.

Naik-turun tangga bisa menjadi latihan yang cukup efektif untuk membangun kekuatan, otot, dan meningkatkan keseimbangan kamu lho. Bahkan jika kamu mempunyai target untuk menurunkan berat badan, olahraga sederhana ini bisa membakar cukup banyak kalori dan juga mengencangkan otot.

Dikutip dari Times of India, ini adalah 4 manfaat kesehatan dari latihan naik-turun tangga.

1. Mengencangkan otot
Banyak otot yang akan terlibat dalam latihan naik-turun tangga, ini jauh lebih baik dibandingkan hanya dengan jalan, jogging ataupun berlari di medan datar.

Ketika kamu bergerak di tanah yang datar, pembentukan otot hanya terjadi di kaki saja. Sedangkan dengan naik-turun tangga, otot akan terasa kencang di bagian glutes (otot bokong dan pinggul), paha depan dan juga belakang.

2. Meningkatkan keseimbangan dan stamina
Saat naik-turun tangga, otot-otot akan bekerja untuk menstabilkan kaki, pergelangan kaki, dan tendon peroneal (urat yang menghubungkan otot dan tulang) kamu agar tetap seimbang. Apalagi kalau melakukan aktivitas ini setiap hari, stamina kamu akan menjadi lebih baik.

3. Mengelola tekanan darah
Naik-turun tangga baik untuk kesehatan jantung dan mengatur tingkat tekanan darah.

4. Baik untuk kesehatan mental
Saat darah terpompa, adrenalin dalam dirimu juga akan ikut naik dan itu baik untuk meningkatkan suasana hati. Hal ini tentu bermanfaat untuk mengurangi stres dan kecemasan.

Naik dan Turun Tangga, Olahraga Sederhana yang Bermanfaat untuk Kesehatan


Simak Video "Olahraga Pakai Masker, Ini Tipsnya Supaya Aman dan Nyaman"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)