Selasa, 28 Jan 2020 07:46 WIB

Main Basket Bagus untuk Pertumbuhan Tinggi Badan, Mitos atau Fakta?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
LOS ANGELES, CA - FEBRUARY 19: Kobe Bryant #24 of the Los Angeles Lakers dribbles the ball during the second half of a game against the San Antonio Spurs at Staples Center on February 19, 2016 in Los Angeles, California. NOTE TO USER: User expressly acknowledges and agrees that, by downloading and or using this photograph, User is consenting to the terms and conditions of the Getty Images License Agreement. (Photo by Sean M. Haffey/Getty Images) Seperti pemain basket pada umumnya, Kobe Bryant punya postur tinggi menjulang (Foto: Sean M. Haffey / Getty Images)
Jakarta -

Legenda NBA Kobe Bryant dalam kecelakaan helikopter baru-baru ini. Bola basket, olahraga yang membesarkan nama dan kariernya, termasuk salah satu yang sangat populer.

Olahraga basket juga lekat dengan anggapan soal tinggi badan. Banyak remaja meminati olahraga ini dengan ekspektasi ingin memiliki tinggi badan menjulang.

Faktanya, para pemain basket profesional umumnya memang punya postur tinggi. Kobe Bryant misalnya, punya tinggi badan 1,98 meter. Dikutip dari Basketballword, tinggi rata-rata pemain NBA bisa mencapai 1,9-2 meter dan itu sekitar 25 centimeter lebih tinggi dari rata-rata pria Amerika Serikat.

Beberapa penelitian yang dilakukan di seluruh dunia menunjukan bahwa gerakan melompat secara terus-menerus saat bermain basket dapat mengirimkan sinyal ke otak dan mengaktifkan hormon pertumbuhan.

Hal ini memungkinkan kelenjar hipofisis untuk melepaskan lebih banyak hormon dalam meningkatkan tumbuh kembang badan. Tak hanya itu, aliran darah ke tulang belakang dan kaki memicu rangsangan pertumbuhan untuk meningkatkan tinggi badan.

Apakah berarti harus main basket untuk bisa punya tubuh tinggi menjulang? Tentu tidak semudah itu, karena pertumbuhan tinggi badan dipengaruhi banyak faktor. Nutrisi yang tepat sangat dibutuhkan agar pertumbuhan bisa maksimal.



Simak Video "Ingin Kulit Putih? Ini Tipsnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)