Jumat, 31 Jan 2020 08:31 WIB

Pernah ke Wuhan, Pelari Agus Prayogo Bagikan Tips Biar Nggak Sakit

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Pelari Indonesia Agus Prayogo membawa bendera Merah-Putih usai memasuki garis finish dalam nomor marathon SEA Games XXIX Kuala Lumpur di Putrajaya, Malaysia, Sabtu (19/8). Agus meraih medali perak dengan catatan waktu dua jam 27 menit 16 detik sementara emas diraih pelari Singapura Soh Rui Yong dengan waktu dua jam 24 menit 55 detik dan perunggu diraih pelari Malaysia Muhaizar dengan dua jam 35 menit 05 detik. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc/17. Pelari jarak jauh Agus Prayogo menaruh perhatian soal perkembangan virus corona yang menyerang Wuhan (Foto: Sigid Kurniawan/Antara Foto)
Jakarta -

Wabah virus corona baru (20190-CoV) yang melanda Wuhan, China, mendapat perhatian khusus dari atlet nasional Agus Prayogo. Ia punya kenangan tersendiri dengan kota tersebut.

"Kebetulan tahun lalu bulan Oktober aku dari Wuhan, dan waktu itu virus itu belum terjangkit ya. Alhamdulilahnya gitu," kata Agus, ditemui di fX Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (30/1/2020).

Sebagai atlet, Agus tentu punya fisik yang sangat bugar. Tetapi itu sama sekali bukan jaminan ia kebal terhadap infeksi yang sudah menyebar ke seluruh dunia tersebut. Buktinya, ia mengaku juga pernah jatuh sakit.

"Demam, pernah. Terus sakit yang serius kaya infeksi saluran pernapasan juga pernah," tutur atlet nasional untuk nomor lari jarak jauh tersebut.

Untuk menjaga data tahan tubuh, Agus tidak punya rahasia khusus. Nutrisi dan olahraga harus balance, demikian juga dengan istirahat yang cukup.

"Kalau kita hidup sehat terus nutrisi juga terjaga, otomatis endorfin kita tinggi ya dan yang pasti bugar dan happy," pesan Agus.



Simak Video "Mengenal 'Remdesivir' yang Digadang Jadi Antivirus Corona 2019-nCoV"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)