Senin, 03 Feb 2020 09:29 WIB

Hobi Bersepeda? Ini Saran Dokter Agar Tak Gampang Cedera

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
5 Trek Unik Bersepeda Bersepeda ada tekniknya agar tidak mudah cedera (Foto: iStock)
Jakarta -

Melakukan olahraga bersepeda memang terdengar mudah. Namun faktanya jika tak didukung dengan pemahaman yang benar bisa meningkatkan risiko cedera atau rasa nyeri.

Dokter spesialis anestesi yang ahli di bidang nyeri, dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciawi, dr Henny Widyastuti, SpAn, MKes, mengatakan pemanasan untuk menguatkan otot-otot core, perut, punggung dan paha memang penting. Namun ada faktor lain juga yang perlu diperhatikan.

"Saat bersepeda dia harus berubah posisi secara berkala, karena ketika dia tetap monoton dan terus-menerus, di situ terjadi risiko overuse injury," kata dr Henny, ditemui di acara Gobar Milad Kahiji Paguyuban Pesepeda Bogor Raya (PPBR), Minggu (2/2/2020).

dr Henny juga menjelaskan, seringkali pesepeda terlalu bersemangat sehingga menambah kecepatan tanpa memperhatikan risiko.

"Risiko overuse injury itu terjadi lebih sering kepada yang ingin menaikkan kecepatannya secara tiba-tiba," ucap dr Henny.

"Jadi naiknya harus perlahan, karena membiasakan dulu gerakan badannya dulu baru menaikkan fastnya. Jadi harus bertahap," pungkasnya.



Simak Video "Manfaat Bersepeda untuk Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)