Minggu, 16 Feb 2020 09:39 WIB

Skullbreaker Challenge dan Sederet Tantangan Konyol Berbuah Petaka

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Ilustrasi jenazah Jatuh terjengkang akibat skullbreaker challenge bisa berakibat fatal, lumpuh atau minimal gegar otak. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Tantangan berbahaya Skullbreaker Challenge tengah menghantui aplikasi TikTok, menambah panjang deretan tantangan konyol berbuah petaka.

Skullbreaker Challenge diperkirakan berawal dari Amerika Selatan. Karena viral dan terbilang ekstrem, tantangan berbahaya ini jadi perbincangan di seluruh dunia.

Dalam beberapa video yang viral, tantangan ini diawali dengan tiga orang melompat bersamaan. Dalam posisi melayang, dua orang yang berada di pinggir menjegal yang ada di tengah agar terjengkang.

Beberapa pakar mengingatkan risiko cedera serius imbas tantangan ini. Selain gegar otak akibat benturan di kepala, risiko kelumpuhan juga tidak bisa dianggap enteng karena berpotensi mencelakai sistem saraf di tulang belakang.

Sebenarnya, tantangan ekstrem yang berbahaya bukan kali ini saja viral di media sosial. Beberapa tantangan konyol yang lebih dulu ngehits antara lain:

1. Salt and Ice Challenge

Dilakukan dengan menaburkan garam ke permukaan kulit, lalu ditekan dengan sebongkah es batu selama mungkin. Reaksi dengan garam membuat es terasa lebih dingin hingga menyebabkan luka bakar derahat 2-3.

2. Choking game

Tantangan konyol ini dilakukan dengan mencekik leher, sehingga suplai oksigen terhenti untuk beberapa saat. Sensasi merasakan darah mengalir kembali ke otak setelah cekikan dilepas tentu saja sangat berisiko, dalam beberapa kasus harus dibayar mahal dengan kematian.

3. Blue whale challenge

Dalam tantangan ini, seseorang dituntut mengerjakan 50 tugas berbahaya yang intinya adalah melukai diri sendiri seperti mengiriskan silet ke pergelangan tangan. Ahli kejiwaan mengingatkan bahwa tantangan ini berisiko memicu bunuh diri pada orang-orang dengan kepribadian ambang atau borderline personality.

4. Momo challenge

Salah satu tantangan ekstrem yang menyeramkan dan pernah ngehits adalah Momo challenge. Tantangan ini mengharuskan seseorang menghubungi nomor misterius yang disebut Momo, yang pada akhirnya akan mengarahkan pada aksi bunuh diri.



Simak Video "Keresahan Dokter Perihal Thermo Gun yang Ditembak di Tangan "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)