Selasa, 18 Feb 2020 15:46 WIB

Benarkah CrossFit yang Ditekuni Ashraf Sinclair Berbahaya untuk Jantung?

Firdaus Anwar - detikHealth
Large group of athletic people having sports training on exercise bikes in a gym Olahraga intensitas tinggi seperti CrossFit tidak disarankan dalam kondisi tertentu. (Foto ilusrasi: skynesher)
Jakarta -

Suami Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclair, meninggal dunia karena serangan jantung pada Selasa (18/2/2020). Netizen menduga olahraga CrossFit yang ditekuni aktor berdarah Inggris-Malaysia tersebut jadi pemicunya.

CrossFit dijelaskan dalam situs resmi Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI) sebagai program latihan yang menggabungkan dua unsur sistem aerobik dan anaerobik. Penekanannya adalah perpaduan antara latihan interval intensitas tinggi (HIIT), angkat beban, gymnastic, dan disiplin lainnya.

Ahli jantung dan pembuluh darah dr Dede Moeswir, SpPD, KKV, dari OMNI Hospitals Pulomas menjelaskan bahwa pada kondisi tertentu, olahraga intensitas tinggi memang tidak disarankan. Bagi mereka yang sudah memiliki faktor risiko olahraga seperti CrossFit bisa saja memicu serangan jantung.

Faktor risiko untuk serangan jantung mulai dari usia, kolesterol, hipertensi, kebiasaan merokok, hingga keturunan.

"Olahraga intensitas tinggi sangat tidak dianjurkan sebenarnya (untuk yang punya risiko). Pasien saya yang serangan jantung akut sangat banyak karena setelah melakukan aktivitas seperti ini," kata dr Dede pada detikcom, Selasa (18/20/2020).

"Olahraga yang memacu jantung ini biasanya menyebabkan hormon-hormon yang tidak baik itu dilepaskan dalam keadaan berlebihan oleh tubuh. Misalnya adrenalin, katekolamin, seperti itu. Untuk orang-orang yang sudah punya faktor risiko penyakit jantung ya terpicu kena serangan," lanjutnya.

Menurut dr Dede yang jadi masalah sebetulnya adalah awam jarang melakukan pengecekan medis sebelum melakukan olahraga intensitas tinggi. Kebanyakan orang merasa dirinya bugar namun sebetulnya berisiko karena memang penyakit jantung jarang menimbulkan gejala.

Oleh karena itu dr Dede menyarankan selalu cek kesehatan atau konsultasi dengan dokter sebelum melakukan olahraga intensitas tinggi seperti CrossFit. Dan yang terpenting, know your limit guys!



Simak Video " Aktif Olahraga, Ashraf Sinclair Kantongi Sertifikat Pelatih Crossfit"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)