Selasa, 18 Feb 2020 17:25 WIB

CrossFit Nggak Seram-seram Amat Lho, Ini Contoh-contoh Gerakannya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Cheerful men doing push-ups in a health club while women are sitting on their backs and laughing. Focus is on men. Tingkat kesulitan gerakan-gerakan dalam CrossFit umumnya bisa disesuaikan (Foto: iStock)
Jakarta -

Meninggalnya aktor Ashraf Sinclair membuat volume pencarian 'CrossFit' di Google meningkat. Almarhum suami Bunga Citra Lestari (BCL) ini semasa hidup memang menekuni olahraga CrossFit.

Pada prinsipnya, CrossFit adalah program latihan yang didominasi gerakan-gerakan fungsional. CrossFit juga dikenal dengan variasi gerakan yang menggabungkan angkat beban, gymnastic, dan kardio intensitas tinggi.

Beberapa pakar mengingatkan bahwa olahraga intensitas tinggi memang tidak untuk sembarang orang. Mereka yang punya risiko penyakit jantung, tentu saja harus berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum coba-coba melakukannya sendiri.

Tetapi jangan salah. CrossFit yang belakangan ini cukup populer di kalangan selebritis juga mengenal regresi atau scale down, yakni variasi gerakan dengan tingkat kesulitan lebih rendah. Artinya, programnya sangat mungkin disesuaikan dengan kemampuan individu. Yang penting, know your limit aja sih.

Mau tahu seperti apa saja gerakan-gerakan dalam CrossFit? Berikut ini beberapa video CrossFit yang terangkum dalam Health It Up.

Gerakan mengecilkan perut

Diperagakan oleh coach Diva, seorang instruktur HIIT (High Intensity Interval Training). Ada 6 gerakan yang diperagakan:

1. Elbow plank jack
2. Prisoner sit up
3. Russian twist
4. T-Plank rotation
5. Mountain climber
6. Knee tuck

[Gambas:Video 20detik]



Gerakan untuk kamu yang sibuk

Untuk kamu yang super sibuk, model latihan Tabata bisa dicoba. Dalam model latihan ini, 4 gerakan berikut hanya butuh waktu masing-masing 20 detik. Tapi jangan ditanya efeknya, dijamin 'pedes'.

1. Bunny hops
2. Squat jump
3. Step Up
4. Push Up

[Gambas:Video 20detik]

Gerakan penghancur lemak

Dalam video ini, coach Mahendra memperagakan 3 gerakan yang cukup efektif membakar lemak. Ada 2 versi gerakan, versi mudah dan versi advanced. Gerakannya sebagai berikut:

1. Burpees
2. Trusters
3. Pull up

[Gambas:Video 20detik]



Crossfit untuk pemula

Bagi yang baru ingin mencoba, coach Jemima mencontohkan 4 gerakan yang umum dilakukan dalam CrossFit. Beberapa di antaranya membutuhkan alat.

1. Rowing
2. Box jumps
3. Kettlebell
4. Pull Ups

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video " Aktif Olahraga, Ashraf Sinclair Kantongi Sertifikat Pelatih Crossfit"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)