Selasa, 18 Feb 2020 19:37 WIB

Ikut CrossFit Seperti Ashraf Sinclair, Aman Nggak Sih? Ini Kata Dokter

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Large group of athletic people having sports training on exercise bikes in a gym CrossFit termasuk olahraga intensitas tinggi. (Foto: skynesher)
Jakarta -

Ashraf Sinclair dikabarkan meninggal dunia karena serangan jantung pada Selasa (18/2/2020). Suami dari Bunga Citra Lestari ini dikenal sering berolahraga, salah satu olahraga yang ia tekuni adalah CrossFit. Hal ini menimbulkan pernyataan di publik apakah olahraga seperti CrossFit memang berbahaya bagi jantung?

Menanggapi hal ini, dr Michael Triangto, SpKO, sports medicine specialist, dari Slim Health Sports Therapy menjelaskan ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan saat ingin olahraga CrossFit.

Hal ini menurutnya, banyak orang yang memaksakan kapasitas atau kemampuan yang sebenarnya saat berolahraga dengan alasan agar nantinya terbiasa. Padahal hal tersebut tidak benar.

"Apakah tujuannya untuk sehat, apakah tujuannya untuk prestasi, nah di antara dua itu ada tujuan untuk rekreasi, itu harus jelas dulu maksud dan tujuan tadi, dan maksud tadi harus disesuaikan dengan tingkat kesehatan pada saat ini, bukan pada saat dulu, saat kemampuan kita di 20 tahun lalu, dan tingkat kemampuan kita saat ini juga," jelasnya saat dihubungi detikcom Selasa (18/2/2020).

Ia menjelaskan olahraga CrossFit atau variasi olahraga yang menggabungkan antara aerobic dan unaerobic ini bisa berbahaya jika terlalu memaksakan padahal kondisi badan sedang tidak fit. Serangan jantung pun bisa terjadi setelah berolahraga CrossFit jika memang sebelumnya orang tersebut sudah memiliki risiko.

"Kalau misalnya memang dia sudah punya kecenderungan untuk (serangan jantung) itu, tentu bisa. Karena banyak yang tidak fit, dan tidak sehat tapi ikut-ikutan, kenapa, karena ketidaktahuan," jelasnya.

"Jadi gini pada waktu CrossFit dilakukan, atau semua ya, semua olahraga yang dilakukan dengan tungkai dan lengan, tentu membutuhkan aliran darah. Darah dapat mengalir ke sana untuk memberikan nutrisi dan energi pada organ-organ tersebut, itu membutuhkan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sehingga jantung akan berdenyut lebih cepat. Kalau dia berdenyut lebih cepat maka masih di dalam batasan sehat atau tidak, kalau itu masih dalam batasan sehat itu tentunya aman, tapi kalau sudah melampaui batasan sehat, dia berpotensi untuk mengalami gangguan kesehatan, seperti itu tadi serangan jantung," jelasnya.



Simak Video " Aktif Olahraga, Ashraf Sinclair Kantongi Sertifikat Pelatih Crossfit"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)