Minggu, 23 Feb 2020 08:05 WIB

Boleh Buat Gaya, Tapi Ingat Ini yang Terpenting Saat Olahraga

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Woman sitting and taking selfie after exercising. Sehat nomor satu, eksis nomor satu setengah (Foto: iStock)
Jakarta -

Seiring perkembangan zaman, berbagai macam olahraga baru pun bermunculan seperti crossfit, zumba, dan pound fit. Sayangnya masih banyak pemula yang mengikuti olahraga ini hanya untuk dijadikan ajang bergaya, tanpa memperhatikan aspek risiko cedera karena kurangnya pemahaman yang benar.

Praktisi kebugaran sekaligus pelatih pound fit, Sistya Windasari mengatakan olahraga itu tentang kesehatan tubuh, bukan untuk dijadikan ajang bergaya.

"Balik lagi sih love your body, ya itu semua tentang tubuhmu. Jadi nggak penting lah mau kelihatan bagus di orang lain, tapi di badan kita hancur itu nggak banget," kata Sistya saat ditemui detikcom, di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Sabtu (22/2/2020).

Meski begitu, Gwendoline Chia yang juga pelatih kebugaran pound fit menambahkan bahwa pentingnya mengedukasi para pemula sebelum dimulainya latihan agar terhindar dari risiko cedera.

"Jadi kita edukasi dulu gimana sih caranya, bentuk-bentuk posisi badannya, risikonya apa kalau salah itu dijelasin," jelas Gwendoline.

"Nggak cuma yang baru, yang lama aja masih suka salah dan yang baru pasti ribet dan bingung gimana mengkoordinasikan gerakan, pelan-pelan tuh kita bantu mereka untuk memperbaiki," tuturnya.



Simak Video "Cedera Saat Olahraga? Begini Cara Tepat Menanganinya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)