Kamis, 12 Mar 2020 06:00 WIB

Bisakah Tertular Virus Corona di Kolam Renang?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Happy attractive couple relaxing in spa swimming pool Mungkinkah tertular virus corona di kolam renang? (Foto: iStock)
Jakarta -

Kemunculan kasus virus corona di Indonesia membuat sebagian warga mulai mewaspadai tempat-tempat yang berisiko terjadi penularan corona. Salah satu tempat yang dikhawatirkan publik terkait penularan virus corona Covid-19 adalah kolam renang. Memangnya bisa ya tertular di kolam renang?

Menanggapi hal ini, Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) dr Ridwan Thaha, MKes, menjelaskan hingga saat ini belum ada penelitian atau penjelasan resmi terkait potensi penularan virus corona Covid-19 di kolam renang.

"Saya kira kalau di kolam renang nggak lah, karena daya hidupnya dia itu memang kalau di bawah 25 derajat itu memang bisa cukup lama ya, tapi saya belum punya pengetahuan yang kuat terkait dia hidup di dalam air, itu belum," jelasnya saat ditemui di Ruang Rapat Komisi IX, Gedung Nusantara 1 DPR/MPR RI Jl. Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (11/3/2020).

"Belum ada juga penjelasan resmi atau penelitian soal itu, kalau suhu sudah di atas 25 derajat itu cenderung akan melemah," lanjutnya.

Mengutip BBC, air di sebagian besar kolam renang mengandung chlorine, zat kimia yang disebut dapat membunuh virus. Maka dari itu aktivitas di kolam renang dikatakan aman-aman saja. Hal ini dijelaskan oleh Health Service Executive Irelands.

Meski begitu penyebaran virus corona bisa berisiko saat berada di ruang ganti atau saat terpapar langsung dengan orang yang terinfeksi corona saat batuk dan bersin.



Simak Video "WHO Belum Bisa Prediksi Penyebaran COVID-19 ke Depannya"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)