Kamis, 23 Apr 2020 05:53 WIB

7 Tips Tetap Bugar Saat Harus di Rumah Saja

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Fitness girl running on treadmill. Woman with muscular legs in gym Tetap bugar meski stay at home (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Mewabahnya virus Corona COVID-19 saat ini di beberapa negara termasuk Indonesia membuat banyak kegiatan harus dilakukan di rumah, tak terkecuali olahraga. Biasanya kondisi seperti ini malah bikin orang malas melakukan apa-apa.

Tapi, tenang saja meskipun di rumah tubuh kamu bisa tetap bugar kok. Caranya dengan melakukan beberapa latihan yang mungkin saja sering dilakukan sehari-hari.

Mengutip dari Express, berikut ini 7 latihan yang bisa bikin badan kamu tetap bugar selama lockdown.

1. Berjalan atau berlari

Metode latihan yang paling sederhana adalah berjalan atau berlari. Latihan ini bisa dilakukan di lingkungan yang ada di sekitar rumahmu, tapi tetap jaga jarak dengan orang lain ya lebih dari 2 meter.

Latihan ini bisa membuat fisik semakin sehat, bugar, dan merangsang otak serta otot agar tetap bisa bekerja secara maksimal. Akan lebih baik lagi jika dikerjakan secara rutin setiap hari.

2. Latihan dengan bantuan video kebugaran

Di situasi seperti ini, pergi ke klub kebugaran atau kelas senam tidak akan bisa dilakukan. Sebagai gantinya, bisa gunakan video kebugaran sebagai penuntun olahraga, seperti zumba, yoga, pilates, dan lainnya.

Kamu juga bisa tambahkan alat-alat kebugaran lainnya, seperti dumbel atau band resistensi.

3. Yoga

Yoga sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan pikiran, serta tidak butuh ruangan yang luas untuk melakukannya. Bila butuh bantuan instruktur, kamu bisa manfaatkan video-video tutorial yang ada di Youtube ataupun DVD.

Olahraga yoga ini sangat bagus untuk kamu yang sering merasa cemas. Hal ini karena melatih fokus dan pernapasan bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang.

4. Dance atau menari

Jika kamu kurang suka atau bosan dengan olahraga yang gitu-gitu aja, kamu bisa coba dengan dance atau menari. Latihan ini ternyata bagus sekali untuk meningkatkan detak jantung dan membakar kalori.

Siapkan lagu-lagu kesukaan kamu untuk menemanimu menari. Bagi kamu yang suka main aplikasi TikTok, itu juga bisa dimanfaatkan untuk olahraga lho.

5. Aplikasi kebugaran

Di zaman serba canggih ini, jika ingin fitnes atau olahraga dasar lainnya tidak perlu pergi ke klub kebugaran. Kamu bisa mengundung aplikasi kebugaran untuk menuntun langkah-langkah olahraga sederhana yang bisa dilakukan di rumah.

6. Bersih-bersih rumah

Kegiatan yang sering dilakukan saat di rumah ternyata bisa membuat tubuh lebih bugar dan sehat lho. Kegiatan bersih-bersih atau beberes rumah pasti dilakukan setiap hari kan.

Dengan beberes rumah, kamu bisa membakar hingga 190 kalori. Misalnya mencuci pakaian, merapikan tempat tidur, dan membersihkan debu itu termasuk olahraga yang menyehatkan. Rumah bersih badan pun sehat.

7. Berkebun

Berkebun juga merupakan kegiatan sehari-hari yang sering dilakukan di rumah. Saat kita melakukannya, sama saja kita berolahraga tanpa disadari.

Berbagai hal bisa kamu dapatkan dari berkebun, seperti melatih otot perut, lengan, dan punggung. Misalnya memotong rumput, bisa membakar hingga 280 kalori per jam.



Simak Video "Beraksi 'Bunny Hop' dan 'Fakie' dengan Freestyle Scooter! "
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)