Jumat, 08 Mei 2020 03:16 WIB

Tips Berolahraga di Rumah Saat Pandemi Corona

Anjar Mahardhika - detikHealth
treadmill Olahraga di rumah (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Di tengah pandemi virus Corona, sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh. Salah satunya dengan rajin berolahraga.

Menurut praktisi kesehatan olahraga dari Slim and Health Sports Therapy, dr Michael Triangto, SpKO, saat pandemi penting seseorang melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan imunitas. Ia menegaskan olahraga yang dilakukan harus bertujuan untuk sehat, bukan untuk membentuk tubuh.

"Pada saat ini, tujuan paling penting adalah untuk kesehatan tubuh kita dan untuk itu kita harus fokus pada kesehatan tubuh kita," ujar dr Michael di webinar online, Kamis (7/5/2020).

dr Michael menjelaskan ada dua jenis olahraga yang dapat dilakukan di tengah pandemi virus Corona yakni, aerobik dan anaerobik.

"Ada latihan yang berjenis aerobik tujuan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh kita, dan latihan yang bersifat anaerobik yang ditujukan untuk menjaga kebugaran kita," kata dr Michael.

Beberapa olahraga yang dapat dilakukan, di antaranya lompat tali, sepeda statis, push up, dan sit up. Olahraga yang dilakukan harus disesuaikan dengan kapasitas masing-masing dengan intensitas ringan dan sedang.

Dalam masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB), ia menyarankan melakukan olahraga di rumah maupun di lingkungan sekitar rumah namun dengan tetap memperhatikan jaga jarak dan memakai masker saat keluar rumah.

Berikut beberapa tips berolahraga di rumah, menurut dr Michael:

1. Sendiri atau bersama keluarga serumah.
2. Dilakukan di area tempat tinggal, di dalam maupun luar rumah (lingkungan rumah).
3. Pergunakan perlengkapan kerja di rumah.
4. Perlengkapan olahraga dengan menggunakan berbagai barang yang ada.
5. Pakai masker jika sedang tidak sehat dan jika berada di luar rumah.



Simak Video "Tips Jaga Imunitas Tubuh Agar Tetap Kuat saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)