Jumat, 12 Jun 2020 05:19 WIB

Ikut 'Keracunan' Gowes? Tips Memilih Sepeda untuk Pemula

Pradito Rida Pertana - detikHealth
Pemprov DKI Jakarta utamakan transportasi sepeda terkait mobilitas penduduk saat PSBB transisi. Untuk itu, Pemprov DKI mengatur perihal fasilitas bagi pesepeda. Baru kenal gowes? Ini tips memilih sepeda untuk pemula (Foto: Agung Pambudhy)
Topik Hangat Mendadak Gowes
Yogyakarta -

Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang banyak dilakukan masyarakat di tengah pandemi COVID-19, bahkan banyak orang yang tiba-tiba membeli sepeda tanpa melihat kebutuhannya. Orang-orang seperti ini biasanya 'keracunan' ajakan teman.

Tidak apa-apa walau cuma ikut-ikutan, bisa jadi 'racun' yang baik asal sepedanya konsisten digunakan untuk olahraga. Nah, agar tidak salah pilih dam sesuai kebutuhan ini tips bagaimana memilih sepeda bagi para pemula.

Pemilik toko sepeda Orion, Julius (27), membenarkan jika saat ini banyak orang yang membeli sepeda untuk berolahraga. Namun, dia menilai ada yang membeli sepeda karena memang kebutuhannya dan ada yang membeli sepeda karena mengikuti trend saja.

Karena itu, Julius menyarankan kepada calon pembeli untuk membeli sepeda sesuai dengan peruntukannya. Mengingat untuk sepeda sendiri memiliki banyak jenis sesuai peruntukannya.

"Tipsnya mungkin dilihat dulu kebutuhannya ya. Jadi misalnya dia mau beli sepeda itu untuk (dipakai) sehari-hari atau cuma sekadar ikut-ikutan (trend) atau apa," katanya saat ditemui di toko sepeda Orion, Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Prawirodirjan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Kamis (11/6/2020).

toko sepeda di yogyakartaSeorang penjual sedang merakit sepeda baru. Foto: Pradito Rida Pertana/detikHealth

Setelah menyesuaikan kebutuhannya, Julius meminta calon pembeli sepeda untuk membeli sepeda sesuai budget. Mengingat sepeda yang peruntukannya untuk gowes sehari-hari tidak harus sepeda yang mahal.

"Kalau cuma sekadar untuk (bersepeda) sehari-hari kan kita tidak perlu pakai sepeda yang terlalu mahal, yang penting itu pakai (sepeda) sesuai budget. Ya intinya sesuaikan dengan kebutuhannya saja," kata Julius.

Namun, jika calon pembeli memang ingin bersepeda di medan yang cukup ekstrem mau tidak mau harus menggunakan sepeda yang mumpuni. Mengingat spesifikasi sepeda untuk bersepeda sehari-hari dengan sepeda gunung sangat berbeda.

"Tapi kalau dia memang butuh untuk yang nanjak-nanjak, tentu harusnya butuh sepeda yang lebih mumpuni. Jadi intinya sesuaikan kebutuhan dan budgetnya dulu saja," ucapnya.

toko sepeda di yogyakartaPilih-pilih sepeda harus disesuaikan dengan kebutuhan. Foto: Pradito Rida Pertana/detikHealth

Punya tips lain untuk pemula? Bagikan di kolom komentar ya.



Simak Video "Bersepeda Wajib Gunakan Masker tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Mendadak Gowes