Rabu, 17 Jun 2020 06:22 WIB

Baru Olahraga 10 Menit Sudah Sesak? Waspadai Gejala Sakit Jantung

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Beautiful Woman Athlete Runs on a Treadmill with Electrodes Attached to Her Body, while Two Scientists Supervise Watching EKG Data Showing on Laboratory Monitors. Cepat terasa sesak saat olahraga bisa menandakan masalah pada jantung (Foto: iStock)
Jakarta -

Bahaya penyakit jantung bisa dilihat dari berbagai macam kondisi. Salah satunya saat melakukan olahraga, hati-hati jika mengalami sesak saat olahraga.

Dijelaskan spesialis jantung dan pembuluh darah, dr Sari Sri Mumpuni, SpJp (K), FIHA, jika 5 sampai 10 menit saat berolahraga sudah sesak, hal ini perlu diwaspadai mengarah ke kondisi jantung yang terganggu.

"Lima sampai sepuluh menit kok sudah sesak, biasanya setengah jam lancar. Nah itu yang perlu diwaspadai," ungkapnya dalam webinar soal "Kebiasaan Baik untuk Kesehatan Jantung di Masa New Normal" pada Selasa (16/6/2020).

Agar kesehatan jantung tetap terjaga dr Risa melarang untuk langsung melakukan olahraga dengan intensitas berat seperti angkat beban atau lari maraton. Syarat aman melakukan olahraga berat perlu bertahap.

"Angkat beban berat itu tidak boleh dilakukan dulu cukup lakukan stretching saja, jongkok, berdiri, loncat-loncat ringan. Lakukan gerakan tangan ke atas ke bawah dengan berjalan maka sirkulasi edaran darah lancar," sebut dr Risa.



Simak Video "RSUD Banjar Layani Penyakit Jantung Peserta BPJS Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)