Rabu, 17 Jun 2020 18:24 WIB

Olahraga di Tempat Umum, Tak Mau Pakai Masker? Catat Ini Pesan dr Reisa

Firdaus Anwar - detikHealth
Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional, dr Reisa Broto Asmoro (dok. BNPB) dr Reisa menyarankan pakai masker bila ingin olahraga di luar rumah dan banyak orang. (Foto dok. BNPB)
Jakarta -

Pemakaian masker saat olahraga sempat ramai dibahas netizen. Ada yang berpendapat masker lebih baik dilepas karena akan sulit bernapas, tapi ada juga yang menyarankan sebaiknya tetap pakai masker agar aman dari risiko penularan virus Corona COVID-19.

Terkait hal ini, anggota tim komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dr Reisa Broto Asmoro mengatakan masyarakat harus sadar tujuan dari olahraga. Di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini yang disarankan adalah olahraga intensitas ringan hingga sedang untuk menjaga kebugaran tubuh.

"Protokol kesehatan utama kita kalau berada di ruang publik dan berdekatan dengan orang lain kita wajib memakai masker. Dengan begitu kita bisa kenali risiko diri sendiri dan kenali risiko lingkungan sekitar. Baru kita bisa memutuskan untuk berolahraga menggunakan masker atau tidak di luar rumah," kata dr Reisa dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB, Rabu (17/6/2020).

"Ingat kembali tujuan berolahraga. Tujuannya untuk menyehatkan badan, atau berbeda, hanya karena ingin bertemu dan berkumpul dengan teman atau kerabat?" lanjutnya.

dr Reisa mengingatkan masyarakat agar jangan jadikan olahraga sebagai alasan berkumpul sambil mengabaikan protokol kesehatan.

"Agak aneh dan terasa baru? Pastinya. Tapi, kita akan terbiasa. Kita bisa karena terbiasa," kata dr Reisa.



Simak Video "dr. Reisa Sebut Olahraga Renang Diperbolehkan, Asalkan..."
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)