Rabu, 17 Jun 2020 21:46 WIB

Sering Gowes Bikin Pria Impoten? Cek Faktanya di Sini

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
5 Trek Unik Bersepeda Sering gowes bikin pria impoten? (Foto: iStock)
Jakarta -

Selama era new normal, kini banyak yang lebih memilih sepeda daripada angkutan umum sebagai moda transportasi. Bersepeda memang sejak dulu jadi aktivitas populer karena memiliki banyak manfaat khususnya bagi kesehatan.

Tetapi keseringan gowes dikaitkan dengan risiko disfungsi ereksi atau impoten pada pria. Bagaimana faktanya?

Pria yang sering bersepeda disebut bisa mengalami masalah ereksi karena terlalu banyak menghabiskan waktu duduk di kursi sepeda. Menurut laporan dari Harvard Special Health Report, Erectile Dysfunction, dalam keadaan tertentu mengendarai sepeda dapat merusak saraf karena menekan arteri di penis yang menyebabkan masalah ereksi. Risikonya bahkan disebut lebih tinggi pada pria yang bersepeda 3 jam seminggu.

Alasan bersepeda bisa menyebabkan disfungsi ereksi adalah karena kursi sepeda memberikan tekanan konstan pada perineum, area antara kelamin dan anus. Tekanan ini dapat membahayakan saraf dan memperlambat aliran darah sehingga menyebabkan kesemutan atau mati rasa pada penis dan akhirnya, impoten.

Namun tidak perlu terlalu khawatir. Sebuah studi observational tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Men's Health menemukan bahwa bersepeda tidak menimbulkan ancaman impoten yang serius atau infertilitas.

Peneliti mengamati sekitar 5.300 pesepeda pria yang mengisi kuisioner dan menanyakan berapa lama mereka bersepeda atau berkuda dalam lima tahun terakhir, apakah mereka mengalami gejala impoten atau telah didiagnosis mandul.

Hasilnya peneliti tidak menemukan hubungan antara waktu bersepeda dengan risiko impoten. Hal tersebut menjadi bukti bahwa bersepeda tidak secara langsung menyebabkan infertilitas atau disfungsi ereksi pada pria.

Namun jika merasa kesemutan atau mati rasa di penis, disarankan berhenti gowes dulu selama satu atau dua minggu. Sebab kondisi tersebut telah menandakan bahwa sepeda bisa saja menyebabkan masalah ereksi.

Selain itu, selalu beristirahat secara teratur selama perjalanan panjang dan mengenakan celana pendek serta bantalan sepeda empuk untuk perlindungan ekstra.



Simak Video "Pesan Buat Pegowes Pemula dari dr. Falla Adinda"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)