Jumat, 26 Jun 2020 07:42 WIB

Bokong Terasa Nyeri Saat Bersepeda? Tips Ini Bisa Dicoba

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Pemprov DKI Jakarta utamakan transportasi sepeda terkait mobilitas penduduk saat PSBB transisi. Untuk itu, Pemprov DKI mengatur perihal fasilitas bagi pesepeda. Pesepeda melintas di jalanan ibukota (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Memilih sepeda yang pas dan nyaman adalah salah satu kunci kenyamanan olahraga bersepeda. Namun ada hal lain yang juga perlu diperhatikan. Falla Adinda, seorang dokter sekaligus influencer kebugaran, menyebut hal-hal kecil ini tidak kalah penting. Apa saja?

"Memilih sparepart sepeda yang nyaman itu sebenarnya adalah kunci bersepeda yang nyaman lho. Jadi selain memilih sepeda yang nyaman, hal-hal kecil yang nempel di sepeda ternyata juga memiliki faktor kunci untuk kita bisa gowes yang nyaman dan jauh," ungkap dr Falla saat ditemui detikcom di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Kamis (26/6/2020).

"Seperti misal sadel yang nyaman, stang yang nyaman, bahkan roda yang nyaman saja itu kita bisa milih. Mungkin jika kita kurang nyaman saat bersepeda ada part-part yang kecil yang kita harus koreksi," lanjut dr Falla yang juga menekuni bersepeda.

Hal-hal kecil inilah yang berkaitan dengan kenyamanan saat bersepeda. Jika merasa terganggu ketika duduk harus menahan sakit saat bersepeda, dr Falla menyebut bisa segera mengganti sadel, begitu juga dengan sparepart lainnya.

Mungkin kalau misalnya kok kita duduknya sakit, ya mungkin kita bisa koreksi sadelnya. Apakah kurang empuk lah, kurang lebar, jadi diperhatikan lebih dalamdr Falla Adinda - Dokter dan pesepeda

"Mungkin kalau misalnya kok kita duduknya sakit, ya mungkin kita bisa koreksi sadelnya. Apakah kurang empuk lah, kurang lebar, jadi diperhatikan lebih dalam," kata dr Falla.

Selain itu, dr Falla menekankan penting untuk mengenali diri sendiri agar bisa nyaman saat bersepeda. Hal ini menjadi cara mengenal diri lebih baik.

"Kenali diri sendiri. Mungkin kita kakinya kurang panjang, atau mungkin kaki kanan dan kiri slightly beda panjang," pungkas dr Falla.

Selain harus nyaman, bersepeda di tengah pandemi Corona menurut dr Falla perlu memerhatikan protokol kesehatan sama seperti di aktivitas biasanya seperti berikut.

  • Jaga jarak minimal 2 meter
  • Pakai masker saat bertemu kerumunan orang
  • Boleh tidak pakai masker jika lingkungan sekitar sepi
  • Jika 'engap' pakai masker turunkan intensitasnya
  • Cuci tangan atau gunakan hand sanitizer


Simak Video "Pesan Buat Pegowes Pemula dari dr. Falla Adinda"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)