Rabu, 22 Jul 2020 09:14 WIB

Seporsi Kue Klepon Kalorinya Setara 30 Menit Bersepeda, Ini Pesan Dokter

Elsa Himawan - detikHealth
Kue Klepon disebut jajanan tak islami Kalori yang terkandung dalam 4 butir kue klepon cukup untuk bersepeda 30 menit dengan intensitas normal (Foto: iStock)
Jakarta -

Kue klepon sedang naik daun. Terlepas dari kontroversinya, kue ini mengandung gula yang sangat tinggi sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi berlebihan oleh pengidap diabetes.

"Kalau untuk orang biasa, anjuran makan klepon itu sebaiknya dipilih klepon dengan kandungan gula yang rendah glikemik. Bisa juga diganti dengan gula rendah kalori," kata dr Rudy Kurniawan, SpPD, internis yang juga pendiri Sobat Diabet.

Menurut dr Rudy, organisasi kesehatan dunia WHO membatasi asupan gula tambahan dalam sehari total sebanyak 50 gram. Ini sudah termasuk gula-gula tersembunyi dalam makanan dan minuman sehari-hari.

Bagaimana dengan klepon? dr Rudy memperkirakan, terkandung sekitar 100-120 kalori dalam sebutir kue klepon. Karena biasanya ada 4 butir klepon dalam satu kemasan, maka total kalorinya jadi sekitar 400 kalori.

"Jika convert ke olahraga, lari selama 30 menit akan membakar 400 kalori, bersepeda 30 menit membakar 300 kalori, dan jalan cepat membakar 100-150 kalori," jelas dr Rudy.

Untuk mengimbangi asupan gula seperti dalam kue klepon, dr Rudy mengingatkan untuk rajin olahraga dan menjaga diet selalu seimbang.



Simak Video "Pesan Buat Pegowes Pemula dari dr. Falla Adinda"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)