Rabu, 12 Agu 2020 15:48 WIB

Penampakan Rambu-rambu JLNT Antasari yang 'Diterobos' Rombongan Pesepeda

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Rambu-rambu JLNT Antasari Rambu larangan masuk bagi sepeda hanya ada di akses masuk JLNT Antasari dari arah Cilandak. (Foto: Achmad Reyhan Dwianto/detikHealth)
Topik Hangat Pesepeda Naik Flyover
Jakarta -

Viral rombongan pesepeda naik Jalan Layang Non-Tol (JLNT) Antasari menuai pro dan kontra. Di satu sisi bisa membahayakan pesepeda maupun pengguna jalan lain, di sisi lain aturannya dinilai 'abu-abu'.

Kasudinhub Jaksel Budi Setiawan mengakui di ruas tersebut memang tidak ada rambu-rambu yang melarang pesepeda untuk masuk. Namun secara logis, seharusnya memang pesepeda tidak naik ke jalan layang karena berbahaya.

"Ya memang aturan pastinya ini nggak ada ya, yang ada rambunya rambu pemotor kan ya, tapi kan logikanya motor saja nggak diperkenankan, apalagi sepeda. Kan tingkat keselamatannya sangat tidak terjamin. Di Antasari itu kan space-nya sangat kecil, mobil kendaraan roda empatnya juga kenceng, kan," ujarnya.

Car Free Day (CFD) berlangsung di Jalan Layang Non-Tol (JLNT) Pangeran Antasari, Jakarta, Minggu(09/08/2020). Pengunjung CFD didominasi oleh para pesepeda.Rambu-rambu motor dilarang masuk. Saat Car Free Day (CFD), jalan layang ini ditutup untuk kendaraan bermotor dan dibuka untuk pesepeda. Foto: Rengga Sancaya

Pantauan detikcom, memang tidak tampak ada rambu-rambu larangan bagi pesepeda di akses masuk dari arah Jl Prapanca Raya, Jakarta Selatan. Hanya ada rambu-rambu larangan untuk sepeda motor seperti disampaikan Budi.

Di ruas sebaliknya, akses masuk JLNT Antasari dari arah Cilandak dipasangi lebih banyak rambu. Salah satunya bergambar sepeda 'coret' yang artinya sepeda dilarang masuk.

Rambu-rambu JLNT AntasariRambu-rambu larangan motor masuk JLNT Antasari dari arah Jl Prapanca Raya. Foto: Achmad Reyhan Dwianto/detikHealth

Amir (46), seorang petugas kebersihan masjid Al-i'tishom di sekitar lokasi menyebut rambu-rambu tersebut sudah lama terpasang, jauh sebelum ada rombongan pesepeda yang viral. Menurutnya, selain saat CFD (Car Free Day), tidak ada pesepeda yang bandel naik ke atas.

"Setahu saya itu sudah lama deh rambu-rambunya cuma ini kan karena lagi ramai pesepeda jadi dibikinlah jalur di sini di Antasari pas car free day," kata Amir.





Simak Video "Pengusaha Taman Rekreasi Ngaku Dapat Berkah dari Komunitas Sepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Pesepeda Naik Flyover