Rabu, 02 Sep 2020 07:00 WIB

Luna Maya Cedera Patah Tulang Metatarsal, Kondisi Apa Itu?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Luna Maya saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk. Luna Maya mengalami cedera metatarsal (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Artis cantik Luna Maya melalui unggahan di Instagram pribadinya memberikan kabar yang kurang baik. Luna Maya mengalami patah tulang metatarsal yang diketahui dari unggahan penyanyi Ari Lasso.

"GWS Kaka @lunamaya yang lagi cedera metatarsal fracture, dikarenakan kisah dan kejadian yang kurang keren...LOL. Speedy recovery biar bisa ngebut n ngakak lagi #arilasso #gwsLunaMaya," tulis Ari Lasso di postingan Instagramnya.

Dengan kondisi seperti itu, Luna harus ditangani oleh seorang profesor dan kakinya terlihat dibalut dengan pelindung. Luna pun merasa bersyukur dengan penanganan yang dilakukan oleh si profesor yang diketahui bernama Prof Nicolaas Budhiparama MD, PhD.

Apa itu tulang metatarsal?

Tulang metatarsal adalah bagian tulang panjang yang berada di kaki, yang menghubungkan pergelangan kaki ke jari-jari kaki. Tulang ini juga membantu untuk menyeimbangkan tubuh saat berdiri dan berjalan.

Pada kaki manusia, terdapat lima tulang metatarsal. Dari kelima tulang tersebut, tulang ke-5 yang menghubungkan tulang luar ke jempol kaki adalah tulang metatarsal yang paling sering retak.

Penyebab tulang metatarsal patah

Dikutip dari Medlineplus, ada berbagai penyebab yang bisa menyebabkan patahnya tulang metatarsal. Misalnya seperti adanya pukulan pukulan tiba-tiba, putaran yang parah pada kaki, atau penggunaan yang berlebihan.

Adapun penyebab patahnya tulang metatarsal, yaitu bisa karena stres atau patah tulang traumatis. Misalnya seperti yang dikutip dari Foot health Fact, yaitu patah tulang metatarsal pertama yang bisa menyebabkan radang sendi.

Ini disebabkan karena jempol kaki sangat sering digunakan untuk menanggung beban lebih berat daripada jari kaki lainnya.

Jenis patah di bagian tulang metatarsal ke-5 yang paling umum dan yang paling dekat dengan pergelangan kaki disebut dengan fraktur Jones. Jenis patah tulang ini paling sering salah didiagnosis sebagai keseleo pergelangan kaki, dan ini bisa menimbulkan dampak yang serius.



Simak Video "Mengenal Metatarsal, Cedera Patah Tulang yang Dialami Luna Maya"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)