Minggu, 13 Sep 2020 18:30 WIB

Komunitas Gowes Desak Pesepeda Lawan Arah di Tol 'Gentleman' Minta Maaf

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Cyclist increase speed by sprint. Ilustrasi pesepeda (Foto: Getty Images/iStockphoto/torwai)
Jakarta -

Ulah oknum pesepeda yang gowes di tol kemudian melawan arah bikin geram komunitas gowes. Perilaku yang membahayakan diri sendiri dan orang lain tersebut dinilai mencemarkan citra pesepeda pada umumnya.

"Kepada komunitas yang sudah melakukan pelanggaran dengan memasuki Jalur TOL agar dengan jentel segera minta maaf dan tidak mengulangi perbuatannya lagi," tegas Wakil Ketua Paguyuban Pesepeda Bogor (PPBR), Suyono Abet, saat dihubungi detikcom, Minggu (13/9/2020).

Aksi pesepeda lawan arah di tol jadi perbincangan setelah videonya viral di berbagai grup Whatsapp dan media sosial. Dinilai membahayakan, aksi ini banyak dikecam di kalangan pesepeda.

Pesepeda masuk tolViral pesepeda masuk tol. Foto: viral

Dalam video yang viral, para pesepeda tersebut melintas di ruas jalan tol. Tidak diketahui pasti lokasinya, tetapi suara yang terdengar menyebut 'tol Bogor'. Dari marka yang terlihat, tampaknya lokasinya dekat pintu tol.

Para pesepeda yang ada dalam video tersebut mengenakan jersey seragam. Namun tidak jelas betul identitas yang tercantum di jersey. Jenis sepeda yang digunakan adalah mountain bike, bukan road bike sebagaimana direkomendasikan Gubernur DKI Anies Baswedan untuk bisa masuk tol pada waktu-waktu tertentu.

Sementara itu, General Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Oemi Vierta Moerdika telah mengkonfirmasi insiden tersebut. Pihaknya bersama kepolisian tengah mengidentifikasi rombongan tersebut.

"Berdasarkan keterangan petugas di lapangan serta pihak kepolisian, rombongan pesepeda tersebut masuk melalui akses masuk jalan Tol Jagorawi KM 47+200 (traffic light Ciawi), dan mencoba melawan arah dengan menyeberang di median pada KM 46+500, menuju tempat istirahat dan pelayanan (TIP) KM 45. Saat ini kejadian tersebut masih dalam pemeriksaan lanjut dari pihak kepolisian," kata Oemi, dalam keterangannya, Minggu (13/9/2020).



Simak Video "Pesan Buat Pegowes Pemula dari dr. Falla Adinda"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)