Senin, 14 Sep 2020 06:20 WIB

Round Up

Gimmick Kontroversial 'Wanita Pakai Kemben' di Jalur Gowes Gadis Desa

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Tangkapan layar gowes gadis desa yang viral Jalur gowes gadis desa yang viral diwarnai gimmick wanita pakai kemben yang boleh diajak foto bareng (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Dunia persepedaan kembali digemparkan oleh sebuah video viral. Kali ini terkait kegiatan gowes di Malang, yang melewati 'jalur gowes gadis desa' dengan gimmick wanita pakai kemben pura-pura mandi di kali.

Dalam video yang beredar, para pegowes yang semuanya laki-laki bisa turun dari sepeda untuk berfoto bersama wanita-wanita yang mengenakan kemben. Disebut-sebut, kegiatan ini berlokasi di Kecamatan Karangploso, Malang, Jawa Timur.

Praktisi kesehatan olahraga dr Andhika Raspati, SpKO menyebut memang ada banyak motivasi seseorang bersepeda. Idealnya memang untuk bugar, tapi tak sedikit yang hanya ingin 'pansos' alias panjat sosial dengan pamer konten di Instagram dan sejenisnya.

Sah-sah saja menurut dr Dhika, jika seseorang mengawali olahraga dengan motivasi untuk pansos karena dari situ akhirnya bisa berlanjut jadi gaya hidup yang menyehatkan. Namun menurutnya, motivasi bersepeda tidak harus mengobjektivikasi perempuan.

"Nah ini sekarang baru lagi nih, motif baru mungkin. Nggak cuman sekedar sehat gitukan, nggak cuman buat bugar tapi kok ngarahnya ke sana," kata dr Dhika.

Ketua bidang umum ISSI (Ikatan Sepeda Sport Indonesia) DKI Fatur Racavvara meyakini kontroversi gadis berkemben yang viral adalah semacam gimmick untuk menarik minat pemula. Pesepeda yang sudah berpengalaman biasanya tidak tertarik dengan gimmick semacam itu.

"Mereka (pesepeda lama) akan lebih seneng mencari track baru, meng-explore alam, jelajah jalur yang belum dilalui," jelas Fatur.

Jalur gowes gadis desaJalur gowes gadis desa yang kontroversial. Foto: Muhammad Aminudin/detikTravel

Soal adanya perempuan pakai kemben yang bisa dibayar untuk diajak foto bareng, Fatur sepakat hal itu mengarah pada pelecehan terhadap harkat wanita. Namun diakuinya, penggunaan wanita sebagai daya tarik sudah jadi fenomena yang sering ditemukan di berbagai kegiatan.

Fatur mencontohkan, olahraga golf juga kerap dihiasi caddy yang cantik-cantik, demikian juga balap motor banyak memakai umbrella girl berpenampilan seksi. Soal perempuan pakai kemben yang viral, tampaknya memang berlebihan.

"Sebaiknya ditiadakan hal yang kaya gitu. Stigmanya akan menjadi negatif," kata Fatur.



Simak Video "Pesan Buat Pegowes Pemula dari dr. Falla Adinda"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)