Jumat, 22 Jan 2021 07:25 WIB

Tips Olah Napas untuk Jaga Kesehatan Paru-paru Selama Pandemi COVID-19

Farah Nabila - detikHealth
Girl looks at her smartphone Tips olah napas untuk menjaga kesehatan paru-paru (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Paru-paru merupakan salah satu organ di tubuh yang memiliki fungsi penting dalam kehidupan. Menjaga kesehatan paru-paru merupakan prioritas utama selama Pandemi COVID-19. Terlebih, virus Corona dapat menyerang sistem pernapasan.

Menurut spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, dr Siti Chandra Widjanantie, SpKFR (K), menjaga kebugaran respirasi sangat penting agar paru-paru terhindar dari berbagai penyakit. Tak hanya kebugaran tubuh saja, menjaga kebugaran respirasi juga penting.

"Kita harus menjaga kebugaran terutama kebugaran respirasi kan selama ini kebugaran hanya kebugaran seluruh tubuh, tetapi orang suka lupa bahwa napas itu anugrah yang tuhan kasih secara gratis dan kita baru merasa setelah itu diambil," ujar dr Chandra dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB pada Kamis (21/01/2021).

dr Chandra membagikan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan paru selama Pandemi COVID-19. Salah satunya menarik napas lebih maksimal agar pertukaran gas menjadi lebih baik.

"Caranya optimalkan yang tadinya napas seadanya tolong napasnya lebih bagus optimalkan, posturnya diperbaiki, latihan pernapasan apa saja silahkan tapi intinya adalah inspirasi," ujarnya.

"Inspirasi tuh artinya tarik napas harus lebih maksimal supaya pengembungan dari balon-balon udara yang ada di paru-paru juga maksimal dan pertukaran gas nya juga lebih baik gitu," tambahnya.



Simak Video "Perbandingan Paru-paru Pasien COVID-19 yang Divaksin dan Belum"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)