Jumat, 16 Apr 2021 17:15 WIB

Jangan 'Puasa' Olahraga, Catat Nih Waktu Terbaik Workout saat Ramadhan

Ardela Nabila - detikHealth
Young woman in dressing room after hard training in gym. Wearing sports clothing and hijab. Foto: Getty Images/svetikd
Jakarta -

Menjaga rutinitas olahraga di bulan Ramadhan menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Pasalnya, saat berpuasa tubuh menjadi kekurangan cairan, sehingga mudah lemas.

Namun, berolahraga di bulan suci Ramadhan tetap penting untuk dilakukan agar tubuh tetap berenergi dan metabolisme tetap terjaga. Salah satu cara agar tetap bisa rutin berolahraga di bulan ini adalah dengan menentukan waktu olahraga yang tepat.

"Bulan suci bukan berarti Anda harus menyerah berolahraga. Anda bisa menjadikan Ramadhan sebagai waktu untuk mengisi kembali energi," kata Ahmed Al Sayed, personal trainer di Fitness First, dikutip dari The National News, Rabu (14//4/2021).

Apa jenis olahraga terbaik saat puasa?

Menurut Al Sayed, terdapat 3 jenis olahraga yang bisa dilakukan selama berpuasa, yaitu latihan kekuatan, kardio, dan fleksibilitas. Disebutkan, latihan kekuatan dibutuhkan untuk mencegah hilangnya massa otot.

Sebab, massa otot yang hilang dapat memperlambat metabolisme tubuh. Sementara itu, untuk latihan kardio, Al Sayed merekomendasikan untuk melakukan olahraga intensitas rendah selama 30 menit.

Oleh karena tubuh akan memanfaatkan lemak sebagai sumber energi saat berolahraga di bulan Ramadhan bagi yang berpuasa, maka penting untuk tidak melewatkan sesi pemanasan dan pendinginan untuk mencegah terjadinya tekanan darah rendah mendadak saat berolahraga.

"Saat memulai latihan ketahanan, pilih jenis olahraga yang menargetkan bagian tubuh atas sebelum bagian tubuh bawah. Hal ini untuk mencegah terjadinya tekanan darah rendah secara tiba-tiba sebelum atau sesudah olahraga," jelasnya.

Jenis olahraga terakhir yang direkomendasikannya, yaitu fleksibilitas, dibutuhkan untuk mencegah adanya masalah terkait mobilitas selama berpuasa. Seperti bagi orang-orang yang akan kembali rutin berolahraga setelah bulan Ramadhan.

Kapan waktu terbaik untuk olahraga selama Ramadhan?

Selama bulan Ramadhan, terdapat beberapa pilihan waktu tepat untuk berolahraga, yaitu:

90 menit sebelum berbuka

Berolahraga sebelum berbuka berarti kamu bisa dengan mudah menggantikan energi yang hilang saat berolahraga saat berbuka puasa. Selain itu, kamu juga merasakan manfaat berolahraga dengan perut kosong.

Namun, saat berolahraga di waktu ini, perlu diingat untuk hanya melakukan olahraga intensitas rendah dan fokus pada peregangan otot. Kamu juga bisa melakukan olahraga seperti berjalan dan melakukan jogging ringan.

Setelah makanan malam

Meski latihan kardio sulit dilakukan saat perut terisi penuh dengan makanan, satu jam setelah berbuka puasa merupakan waktu terbaik untuk melakukan latihan beban. Manfaat olahraga saat tubuh sudah mendapatkan asupan makanan adalah tubuh menjadi lebih berenergi. Perlu diingat untuk turut minum banyak air putih untuk rehidrasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Panduan Ibadah Tarawih dan Tadarus di Bulan Ramadhan"
[Gambas:Video 20detik]