Selasa, 11 Mei 2021 23:05 WIB

Mau Ikut Yoga 'Kamasutra' Seperti Atta-Aurel? Ini Tips dari Pelatihnya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Young woman doing yoga twisting mat indoors near window Ilustrasi yoga (Foto: thinkstock)
Topik Hangat Yoga Kamasutra
Jakarta -

Baru-baru ini, seorang warga negara Kanada, Christopher Kyle Martin dideportasi dari Indonesia lantaran akan mengadakan 'kelas orgasme' di Bali. Selain dinilai melanggar nilai adat-istiadat, Christopher diketahui tidak memiliki sertifikasi sebagai instruktur yoga.

Memilih kelas yoga, untuk tujuan apapun, memang harus memperhitungkan kualifikasi instrukturnya. Jika instrukturnya tidak terpercaya, ya jangan ambil risiko.

"Setiap orang yang mau mulai beryoga, pastikan kenal gurunya dan gurunya sudah bersertifikasi. Karena sertifikasi itu nggak main-main. Sertifikat itu ngambilnya melelahkan dan sangat menghabiskan dana," ujar instruktur yoga yang beken di kalangan selebritis, Fajar Putra, pada detikcom, Selasa (11/5/2021).

Belum lama ini, pemilik akun Instagram @penyogastar ini mengajar yoga kamasutra untuk pasangan Atta-Aurel. Ia menjelaskan, yoga ini bukan cuma persoalan seks sebagaimana pengertian kamasutra di masyarakat luas. Lebih dalam, yoga yang diajarkannya menanamkan ikatan energi, emosi, dan meningkatkan kesuburan.

"Kamasutra itu artinya tali benang pengikat dalam percintaan, pengertiannya itu. Dari situ yoga menjalin komunikasi antara mereka," terangnya.

Bagi Fajar, kepercayaan dan rasa aman murid adalah aspek utama dalam kelas yoga. Tak dipungkiri, kelas yoga terkadang mengharuskan adanya pengarahan menggunakan bantuan tangan instruktur. Maka itu, segala aktivitas pengajaran wajib dilandaskan sikap menghormati murid.

"No judgement, itu pilihan setiap orang. Tapi dari aku praktisi dan mengajarnya di Indonesia, mengajar itu dengan pengalaman 12 tahun, buat aku yang paling utama adalah murid merasa safe dan percaya. Di dunia yoga kita memang gerakannya agak intim bisa dibilang. Dalam arti, gerakan yoga kebanyakan pose-posenya harus ada bantuan dari tangan saling bantu. Misal posisi dibenarkan, didorong. Kalau murid kita nggak percaya, nggak akan lama di industri ini," terangnya.

"Aku ngajar Aurel, kamu bisa lihat di semua videoku, aku bilang maaf setiap aku harus menyentuh. Di saat aku nggak harus menyentuh, aku nggak akan menyentuh. Sebisa mungkin aku akan pakai kata-kata," lanjutnya.

Terkait kasus di Bali, Christopher Kyle Martin mengklaim kelas orgasme yang akan diadakannya terlepas dari unsur seksual. Namun petugas setempat menilai, tindakannya berpotensi membahayakan keamanan dan ketertiban umum. Terlebih, Christopher tidak memiliki sertifikat selaku instruktur yoga.

"Yang bersangkutan menjelaskan bahwa yoga ini tidak memiliki kandungan seksualitas dikarenakan berbeda dengan genital orgasm dan lebih banyak mempelajari teknik pernapasan," terang Kakanwil Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk dalam jumpa pers, Minggu (9/5/2021).



Simak Video "Risiko yang Dialami saat Lakukan Handstand Tanpa Latihan"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)
Topik Hangat Yoga Kamasutra