Senin, 02 Agu 2021 13:44 WIB

Manfaat Bulutangkis, Olahraga yang Bawa Greysia/Apriani Raih Emas di Olimpiade!

Syifa Aulia - detikHealth
Masih ada 3 wakil Indonesia yang berburu medali di cabang olahraga bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020. Siapa saja mereka? Foto: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Jakarta -

Pasangan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil membawa pulang gelar juara dan merebut medali emas pertama Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020.

Melihat antusiasme penonton Indonesia terhadap bulutangkis, dapat disimpulkan bahwa olahraga ini sangat digemari oleh semua kalangan. Olahraga ini juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan.

Mengutip Decathlon, berikut lima manfaat bermain bulutangkis.

1. Menguatkan otot

Bermain bulutangkis ternyata dapat meningkatkan kekuatan otot pada tubuh. Jika diperhatikan, permainan ini banyak menggerakkan tubuh karena mengejar kok. Pergerakan ini dapat membangun massa otot lalu membentuknya menjadi sempurna. Sehingga otot inti, betis, paha belakang, dan paha depan akan menjadi kuat.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Tubuh yang banyak bergerak dapat memberikan manfaat untuk kesehatan jantung. Otot jantung akan menguat, meningkatkan aliran darah, membuka sumbatan pada dinding jantung, dan mengurangi kadar kolesterol. Kesimpulannya, olahraga ini dapat mengurangi risiko penyakit stroke atau serangan jantung.

3. Meningkatkan kelenturan otot

Dengan membiasakan bermain bulutangkis, fleksibilitas otot akan meningkat dan lebih kuat. Hal ini karena terbiasa melakukan gerakan backhand dan forehand.

4. Metabolisme tubuh meningkat

Metabolisme yang baik sangat diperlukan oleh tubuh karena menandakan tubuh yang sehat. Saat bermain, tubuh akan mengeluarkan keringat yang mampu membakar kalori dan menghilangkan racun dalam tubuh.

5. Mengurangi stres

Selain kesehatan fisik, bulutangkis juga memberikan manfaat kesehatan mental. Bulutangkis dapat mengurangi hormon stres dalam tubuh karena aktivitas ini dapat membuat orang bahagia.

Simak video 'Raut Tegang Hingga Pekikan Greysia/Apriyani Sabet Emas Olimpiade Tokyo':

[Gambas:Video 20detik]



(kna/naf)