Minggu, 08 Agu 2021 18:31 WIB

Terpopuler Sepekan

Masker Keren Tim Olimpiade AS Tuai Kontroversi, Ini Sebabnya

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
TOKYO, JAPAN - AUGUST 01: Gold medalist Robert Finke of Team United States poses in the podium of Mens 1500m Freestyle on day nine of the Tokyo 2020 Olympic Games at Tokyo Aquatics Centre on August 01, 2021 in Tokyo, Japan. (Photo by Maddie Meyer/Getty Images) Foto ilustrasi: Getty Images/Maddie Meyer
Jakarta -

Setibanya tim Olimpiade Amerika Serikat di Olimpiade Tokyo, masker yang mereka gunakan langsung menjadi pusat perhatian karena desainnya yang unik. Desain masker yang terlihat seperti lipatan origami ini langsung menjadi perbincangan hangat di media sosial karena desainnya mirip masker yang digunakan Bane, tokoh villain dalam film Batman.

Namun, ternyata masker ini menuai kontroversi karena tidak bisa memberikan perlindungan efektif layaknya masker medis. Hal ini disampaikan oleh pakar tekstil dan profesor terkemuka University of California, You-Lo Hsieh, dikutip dari Insider.

"Masker jaring yang diiklankan sebagai masker yang memudahkan pemakainya untuk bernafas, nyaman, dan dapat dicuci tidak akan menghalangi aerosol yang mengandung virus corona sebaik masker N95," kata You-Lo Hsieh.

Masker seharga USD 60 (sekitar Rp 859 ribu) per masker ini didesain oleh Nike. Pada deskripsi produk disebutkan bahwa masker ini dirancang untuk olahraga dan bukan masker untuk medis atau pun masker untuk operasi. Nike juga menyebut bahwa masker tersebut tak dimaksudkan untuk alat pelindung diri, bahkan kualitasnya belum diuji dengan standar medis.

"Dirancang untuk olahraga, terpasang bantalan hidung dan sisipan dagu yang membantu masker tetap di tempatnya saat Anda bekerja keras," dikutip dari deskripsi produk.

Lebih lanjut, Hsieh menjelaskan masker Nike dirancang agar memudahkan penggunanya untuk bernapas, tetapi masker ini memiliki pori-pori yang jauh lebih besar untuk bernapas dan hanya dapat memblokir droplet dengan ukuran besar bukan aerosol.



Simak Video "Ragam Masker Atlet Olimpiade Tokyo 2020 dari Berbagai Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)