Minggu, 26 Sep 2021 09:34 WIB

Mengenal Freediving, Olahraga yang Bikin Dikta Yovie & Nuno Tampak Kurus

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Dikta, Pradikta Wicaksono, Yovie & Nuno Dikta Yovie & Nuno (Foto: Pingkan Anggraini/ detikHOT)
Jakarta -

Vokalis grup Yovie & Nuno Pradikta Wicaksono atau lebih dikenal Dikta membagikan potret terbarunya di Instagram. Dikta tampak lebih kurus dengan rambut gondrong dan kulit yang lebih gelap. Menepis tudingan kurus karena pakai narkoba, ia mengaku jadi lebih kurus berkat rutin olahraga freediving.

"Kenapa bisa kurus? Freedive itu olahraga anaerobik yang kalorinya lebih banyak kebakar dibanding olahraga biasa. Gue freedive dalam seminggu bisa 3-4 kali. Jadi ya udah pasti gue kurus," kata Dikta dikutip detikcom dari Instagram pribadinya, Minggu, (26/9/2021).

Bagi yang belum tahu, freediving bukanlah sekadar olahraga berenang biasa. Dikutip dari The Association Internationale pour le Développement de l'Apnée (AIDA International), freedive adalah menyelam bebas tanpa alat bantu pernapasan di bawah air.

Freediving juga merupakan cara terbaik untuk membebaskan diri dan menghabiskan lebih banyak waktu menikmati keindahan dan keheningan laut.

Freediving muncul berabad-abad yang lalu sebagai salah satu kebutuhan untuk menyelam. Di masa sekarang, freediving diakui sebagai olahraga, hobi, dan bahkan dijadikan sebagai filosofi hidup yang khusus oleh sebagian orang.

Olahraga ini memiliki kisah sejarahnya tersendiri. Diketahui bahwa di Yunani kuno, prajurit menyelam dengan menahan napas tanpa peralatan selam untuk melakukan sabotase pada kapal musuh. Di Jepang, ada juga penyelam yang menyelam bebas untuk berburu mutiara.

Freediving juga terbagi ke beberapa tipe. Dikutip dari Freedive Indonesia, dikenal ada 3 tipe freediving. Selengkapnya di halaman berikut:

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pro Kontra PCR Jadi Syarat Terbang"
[Gambas:Video 20detik]