Selasa, 09 Nov 2021 19:26 WIB

Gegar Otak Ringan Bikin Marc Marquez Alami Gangguan Penglihatan Diplopia

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
BARCELONA, SPAIN - JUNE 06: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team prepares to start on the grid during the MotoGP race during the MotoGP of Catalunya - Race at Circuit de Barcelona-Catalunya on June 06, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Marc Marquez (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez bakal absen di MotoGP Valencia karena mengalami gangguan penglihatan. Keluhan ini muncul menyusul gegar otak ringan yang dialaminya usai kecelakaan motor trail.

Honda mengkonfirmasi, Marquez tidak akan ikut dalam MotoGP Valencia karena mengalami masalah penglihatan. Masalah yang sama dialaminya pada 2011 usai mengalami crash di Sepang.

"Pemeriksaan terhadap Marc Marquez hari ini setelah kecelakaan terjadi mengkonfirmasi bahwa ia mengalami diplopia," kata dr Sanchez Dalmau, ahli optambologi yang menangani Marquez, dikutip dari Autosport.

"Dan didapati kelumpuhan di saraf kanan keempat dengan melibatkan otot oblique superior sebelah kanan," jelas dr Sanchez.

"Perawatan konservatif dengan update berkala telah dipilih menyusul evaluasi klinis. Saraf keempat kanan ini adalah yang sudah cedera pada 2011," lanjutnya.

Apa itu diplopia?

Dikutip dari WebMD, diplopia adalah kondisi ketika mata melihat dua bayangan dari satu benda yang sama. Istilah lain untuk kondisi ini adalah penglihatan ganda. Bisa terjadi pada satu mata saja, bisa juga dua-duanya.

Gejala

Beberapa gejala yang muncul menyertai diplopia antara lain:

  • Salah satu atau kedua mata tidak sinkron
  • Nyeri saat menggerakkan mata
  • Nyeri di sekitar mata
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Lemah di mata
  • Kelopak turun.


Simak Video "Fakta Soal Mata Bengkak Gara-gara Sering Main Handphone"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)