ADVERTISEMENT

Kamis, 27 Jan 2022 13:18 WIB

Suka Lari atau Angkat Berat? Awas Varises, Begini Mencegahnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi tali sepatu lepas Mencegah varises gara-gara olahraga (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Varises adalah kondisi pelebaran pembuluh darah vena karena penumpukan pembuluh darah di lokasi tersebut. Varises umumnya ditandai dengan pembuluh darah vena yang berwarna ungu dan tampak menonjol.

Penyebab varises bisa beragam, biasanya dipicu oleh aktivitas sehari-hari. Menekuk kaki setelah olahraga juga salah satu faktor risiko varises loh.

"Habis olahraga kaki ditekuk bisa jadi varises," ujar dr Wirya A Graha, SpBKTV, spesialis bedah toraks, kardiak, dan vaskular dari Bethsaida Hospital dalam agenda Penanganan Varises dan Tiroid Masa Kini, Kamis (27/1/2022).

dr Wirya menjelaskan ketika berolahraga, darah akan banyak mengalir ke bagian kaki dalam waktu lama. Jika terjadi pelebaran pembuluh darah, katup vena membengkak sehingga darah tak naik ke jantung.

Jenis olahraga yang meningkatkan risiko varises adalah lari dan aktivitas berat seperti angkat barbel atau jenis olahraga intensitas tinggi lainnya.

"To be honest, berlari akan bisa bikin varises. Mungkin nggak saat usia muda, tapi pas usia tua akan merasakan. Adanya tekanan karena jumlah darah cukup banyak di area kaki," bebernya.

Agar tidak mengalami varises, disarankan untuk tidak menekuk kaki sesaat setelah berolahraga. Selain itu, istirahatkan kaki jika sudah terlalu lama berolahraga.

"Selalu dianjurkan kalau setelah olahraga itu kakinya diluruskan," pungkas dr Wirya.



Simak Video "Tips dari Amel Carla Agar Bisa Rajin Olahraga "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT