Minggu, 15 Mei 2022 18:20 WIB

Sedih RI Kalah di Thomas Cup? Lakukan Ini Agar Jantung Tak 'Pindah ke Usus'

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Indias Satwiksairaj Rankireddy, left, and Chirag Shetty react after winning over Indonesias Kevin Sanjaya and Mohammad Ahsan during their mens double final badminton match at Thomas & Uber Cup in Bangkok, Thailand, Sunday, May 15, 2022. (AP Photo/Sakchai Lalit) India menang di Thomas Cup 2022, mengalahkan Indonesia di final (Foto: AP/Sakchai Lalit)
Jakarta -

Kekalahan Indonesia di Thomas Cup 2022 bagi sebagian orang menyisakan rasa sesak di dada. Sebegitu mendebarkan jalannya 3 partai yang dilalui membuat jantung berpacu seperti mau copot dan 'pindah ke usus'.

Ahli kesehatan jantung dari Rumah Sakit Siloam Karawaci dr Vito A Damay, SpJP, menjelaskan ketika menonton pertandingan olahraga, adrenaline bisa ikut meningkat, sehingga tekanan darah dan jantung juga bisa ikut naik. Kondisi ini yang bisa jadi penyebab munculnya sensasi 'jantung pindah ke usus'.

Bagi yang memiliki masalah jantung, kondisi ini bisa berbahaya. Jika sudah merasakan sensasi tersebut, ada baiknya untuk waspada akan timbulnya serangan jantung.

"Jadi rasa excited bisa terjadi (serangan jantung). Overexcited juga membuat adrenalin meningkat dan membuat pembuluh darah menyempit. Ini yang menyebabkan serangan jantung," terang dr Vito kepada detikcom, Minggu (15/5/2022).

Untuk itu, ia memberikan tips bagi para suporter Indonesia mengatasi sensasi 'jantung pindah ke usus' saat menonton pertandingan final Thomas Cup 2022.

Pertama, tanamkan pikiran bahwa kita merupakan supporter dan bukan kita yang bermain sendiri. Kemudian, cukup jadikan pertandingan sebagai sebuah hiburan dan tidak perlu baper alias terbawa perasaan, apapun hasil akhirnya.

"Take it easy. Nikmati ini sebagai hiburan, kan bukan kita yang main sendiri, kita mendukung mereka. Jangan terlalu baper," ujarnya.



Simak Video "Jangan Takut Cek Jantung di Rumah Sakit"
[Gambas:Video 20detik]
(any/up)