Senin, 20 Jun 2022 09:50 WIB

Hari Yoga Internasional 2022: Tema, Sejarah, Kegiatan, dan Twibbon

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Back view of an unrecognizable slender Asian young woman sitting on the grass in the lotus position and raising hands up outside in city park with the big trees background. Rearview of female practicing yoga outdoors on a sunny day. Hari Yoga Internasional 2022 (Foto: Getty Images/iStockphoto/ronnachaipark)
Jakarta -

Hari Yoga Internasional 2022 diperingati pada tanggal 21 Juni. Momentum ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya olahraga seperti Yoga bagi kesehatan. Terlebih, pandemi COVID-19 seperti saat ini menuntut kita memprioritaskan kesehatan, termasuk melakukan olahraga seperti Yoga di rumah.

Yoga menjadi salah satu olahraga 'ngehits' yang digemari oleh banyak orang di seluruh dunia. Manfaatnya yang beragam, mulai dari segi fisik dan juga mental membuat olahraga ini banyak dipraktikkan baik bagi mereka yang sehat maupun memiliki kondisi tertentu. Berikut seluk-beluk Hari Yoga Internasional, yuk simak!

Tema Hari Yoga Internasional 2022

Tema Hari Yoga Internasional 2022 adalah "Yoga for Humanity", artinya Yoga untuk kemanusiaan. Adanya pandemi COVID-19 tidak hanya menyulitkan kesehatan fisik, tetapi juga berdampak negatif pada kesehatan mental. Akibatnya, masalah kesehatan seperti depresi dan kecemasan kian meningkat, sehingga kebutuhan untuk mengatasinya juga meningkat. Oleh karenanya, beradaptasi dengan yoga dalam situasi seperti itu telah menjadi suatu keharusan.

Sejarah Hari Yoga Internasional

Yoga sudah ada dari 5.000-an tahun yang lalu di India, bahkan sebelum sistem kepercayaan lahir. Kata Yoga juga disebutkan dalam literatur kuno, seperti Rig Veda. Ide Hari Yoga Internasional dicetuskan oleh Perdana Menteri Narendra Modi, sosok yang mengusulkan konsep tersebut pada 27 September 2014, saat berpidato di Majelis Umum PBB. Bahkan konsep tersebut mendapat dukungan dari 177 negara.

Menyadari daya tarik universal dan popularitasnya yang semakin meningkat, Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan 21 Juni sebagai Hari Yoga Internasional pada 11 Desember 2014. Akibatnya, Hari Yoga Internasional pertama diperingati pada 21 Juni 2015.

Tanggal 21 Juni dipilih lantaran merupakan titik balik matahari musim panas atau matahari paling banyak keluar dari setiap hari lainnya dalam setahun.

Kegiatan Hari Yoga Internasional

Selain sejarah dan tema Hari Yoga Internasional, ada juga kegiatan yang bisa kamu coba saat melakukan Yoga. Dikutip dari National Today, berikut di antaranya.

1. Lakukan Pose ke Alam

Olahraga Yoga bisa dilakukan di luar ruangan sekaligus menghirup udara segar dan menyatu dengan alam. Bisa juga berlatih di pantai, di taman lokal, atau bahkan di halaman belakang rumah.

2. Lakukan "Om"

Ciptakan aliran gerakan dan temukan kombinasi baru saat melakukan aktivitas Yoga. Terkadang perubahan dalam gerakan atau musik dapat membantu kita untuk memfokuskan energi dan menyelaraskan pernapasan.

3. Perkenalkan Teman ke Gaya Hidup Yoga

Olahraga Yoga bisa dilakukan bersama-sama dengan keluarga maupun teman. Pasalnya, mengajak orang lain saat melakukan Yoga dapat memotivasi dan menginspirasi diri sendiri untuk mencoba-coba gerakan baru.

Twibbon Hari Yoga Internasional 2022

Agar lebih seru dalam merayakan Hari Yoga Internasional 2022, Yuk! Pasang aneka twibbon lucu yang sudah detikcom kumpulkan dari berbagai sumber.

  1. Hari Yoga Internasional 2022
  2. Hari Yoga Internasional 2022
  3. Hari Yoga Internasional 2022
  4. Hari Yoga Internasional 2022
  5. Hari Yoga Internasional 2022

Selamat Hari Yoga Internasional 2022



Simak Video "Simak! Yang Perlu Kamu Pahami Terkait 'Super Immunity' Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)