ADVERTISEMENT

Kamis, 21 Jul 2022 06:05 WIB

Diidap Sebastien Haller, Tumor Testis Vs Kanker Testis Sama Nggak Sih?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
BAD RAGAZ, SWITZERLAND - JULY 17: Sebastien Haller of Borussia Dortmund during a press conference at the Borussia Dortmund Training Camp on July 17, 2022 in Bad Ragaz. (Photo by Alexandre Simoes/Borussia Dortmund/Getty Images) Foto: Alexandre Simoes/Borussia Dortmund/Getty Images
Topik Hangat Tumor Testis
Jakarta -

Striker baru di Borussia Dortmund, Sebastien Haller, dikabarkan mengidap tumor testis. Mantan pemain Ajax Amsterdam itu awalnya mengeluh sakit usai latihan pada Senin pagi. Alhasil, ia dipulangkan untuk menjalani pemulihan.

"Penyerang Pantai Gading berusia 28 tahun itu mengeluh kurang enak badan setelah latihan Senin pagi," tulis Dortmund, melalui situs resminya.

Sebenarnya, apa sih bedanya tumor vs kanker testis?

Spesialis Bedah Urologi Konsultan dari RSCM, dr Agus Rizal A H Hamid, SpU(K), PhD, menjelaskan bahwa tumor merupakan pembesaran benjolan yang terjadi di tubuh. Adapun gejala tumor testis dapat berupa pembesaran testis atau biji kemaluan tanpa disertai rasa nyeri.

"Tumor artinya semua pembesaran benjolan yang terjadi di tubuh. Bisa jinak bisa juga ganas," tuturnya saat dihubungi detikcom, Rabu (20/7/2022).

"Gejala tumor testis adalah pembesaran testis atau biji kemaluan yang tanpa disertai nyeri," sambungnya lagi.

Sementara kanker testis adalah tumor yang bersifat ganas. Menurut dr Agus, kanker testis merupakan salah satu kanker dengan hasil pengobatan yang cukup baik asal ditemukan sejak dini.

"Kalau ganas baru disebut kanker," sambungnya lagi.

"Kanker testis merupakan salah satu kanker dengan hasil pengobatan yang cukup baik asal ditemukan dalam stadium awal," imbuh dr Agus.

dr Agus juga mengungkapkan, biasanya pengidap belum mau berobat sampai tumor yang diidap menjadi besar atau bahkan menyebar. Hal ini kemungkinan ditekan dengan tidak ada gejala atau tidak merasa nyeri, serta rasa malu untuk pergi berobat.

Apabila kanker testis sudah menyebar, gejala yang ditimbulkan dapat berupa muntah-muntah.

"Karena tidak merasa nyeri dan malu, biasanya penderita khususnya di Indonesia belum berobat sampai sudah menjadi besar atau bahkan sudah penyebaran," pungkas dr Agus.

"Muntah-muntah kalau sudah ada penyebarannya," sahutnya lagi.



Simak Video "Sebastien Haller Idap Tumor Testis, Kenali Gejala-Faktor Risikonya"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)
Topik Hangat Tumor Testis

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT