ADVERTISEMENT

Selasa, 16 Agu 2022 19:27 WIB

#MerdekaDariRasaSakit

Awali Hidup Sehat Sekarang, Merdeka Atau Sakit!

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Ilustrasi olahraga pagi dok. BFI RUN 2022
Jakarta -

Andai bisa memilih, rasanya tidak seorang pun berharap akan jatuh sakit. Namun ada kalanya, berbagai gangguan kesehatan tetap saja menyerang saat segala upaya sudah dilakukan untuk menjaga tubuh tetap fit.

Bicara tentang penyakit, memang ada banyak faktor risiko yang tidak bisa dikendalikan. Beberapa orang misalnya, terlahir dengan komposisi hormonal yang membuat lemak mudah menumpuk di tubuhnya sehingga butuh usaha ekstra keras untuk menurunkan berat badan.

Cacat jantung bawaan juga kerap ditemukan pada individu tertentu yang membuatnya lebih rentan mengalami serangan jantung kapan saja. Aktivitas fisik yang bagi orang lain bisa dikerjakan tanpa keluhan apapun, bagi mereka bisa saja memicu gangguan fungsi orang yang fatal.

Di sisi lain, ada banyak faktor risiko yang sebenarnya bisa dikontrol dan bahkan dihindari sama sekali. Tidak semua orang gemuk karena masalah hormonal, banyak juga yang gemuk karena memang tidak membatasi pola makan dan jarang melakukan aktivitas fisik.

Begitupun saat seseorang dianugerahi kondisi dan fungsi tubuh yang normal, suatu ketika bisa saja mengalami kerusakan pembuluh darah karena asupan garam berlebih. Atau, bisa juga mengalami gagal ginjal karena tidak membatasi yang manis-manis.

Jatuh sakit pada kondisi seperti ini bukan sesuatu yang tak terhindarkan. Pada kondisi tertentu, seseorang selalu punya pilihan untuk menghindari risiko jatuh sakit atau berjudi dengan berbagai kemungkinan saat ia menantang batas-batas kemampuan fisik fungsi organ tubuhnya.

Kemerdekaan bukan hanya milik mereka yang sembuh dari sakit. Bagi yang beruntung punya tubuh yang sehat, kemerdekaan yang sesungguhnya adalah saat mereka punya kendali penuh atas apa yang seharusnya bisa dikontrol.

Salam sehat!


Sebagai informasi, Indonesia kembali merayakan hari kemerdekaannya. Di tahun ini, Indonesia memasuki usia ke-77 tahun. Bagi Indonesia 77 tahun yang lalu, merdeka berarti terbebas dari penjajahan. Namun di masa kini, merdeka tentu memiliki makna tersendiri bagi masing-masing orang.

Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77, detikcom menginisiasi kampanye 'Merdeka Bagi Mereka'. Di kampanye ini akan ada kumpulan kisah inspiratif tentang arti 'Merdeka Bagi Mereka' dari berbagai figur dan perspektif.

Simak terus kampanye 'Merdeka Bagi Mereka' mulai 17 Agustus 2022 di Sini!



Simak Video "Ayo Jaga Pola Hidup Sehat! Pilih Merdeka Atau Sakit?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT