Penyebab Telapak Kaki Sakit Saat Berjalan dan Cara Pengobatan

ADVERTISEMENT

Penyebab Telapak Kaki Sakit Saat Berjalan dan Cara Pengobatan

Bayu Ardi Isnanto - detikHealth
Senin, 09 Jan 2023 20:28 WIB
telapak kaki sakit
Foto ilustrasi: Getty Images/Yuri_Arcurs
Jakarta -

Terkadang secara tiba-tiba telapak kaki kita terasa sakit saat digunakan untuk berjalan. Meski sering kali gejalanya hanya terasa ringan, sakit ini membuat tidak nyaman, apalagi ketika akan berjalan jauh atau berolahraga.

Bagi sebagian orang lainnya, sakit pada telapak kaki bisa terasa sangat menyakitkan, bahkan dalam jangka panjang. Pada umumnya, sakit pada telapak kaki ini bisa sembuh dengan sendirinya, namun pada kasus tertentu harus mendapatkan penanganan khusus di rumah sakit.

Apa sebenarnya penyebab telapak kaki sakit saat berjalan? Kita akan ulas hal tersebut beserta cara pengobatannya.

Apa Penyebab Telapak Kaki Sakit Saat Berjalan?

Dilansir dari laman National Health Service (NHS) Inggris, penyebab umum sakit pada telapak kaki adalah olahraga terutama lari, memakai sepatu yang terlalu ketat, atau kondisi tertentu.

Bentuk kaki juga menjadi masalah sebagian orang karena dapat memberikan tekanan ekstra di bagian bawah kaki. Kulit yang keras atau pecah-pecah juga dapat menyebabkan sakit pada telapak kaki.

Plantar Fasciitis

Plantar fasciitis adalah peradangan pada plantar fascia. Dilansir dari laman Mayo Clinic, fascia adalah pita jaringan yang menghubungkan tulang tumit ke pangkal jari kaki. Bagian ini membuat telapak kaki bisa melengkung dan menyerap goncangan saat berjalan.

Pada saat mendapatkan tekanan atau otot tegang dapat menyebabkan robekan kecil. Robekan berulang pada fascia dapat mengiritasi atau meradang.

Metatarsalgia

Dilansir dari Healthline, metatarsalgia adalah peradangan pada bola kaki dengan gejala nyeri, sensasi terbakar, seperti menginjak kerikil. Penyebabnya bisa karena aktivitas berlari dan melompat, atau mengenakan sepatu yang tidak pas.

Kaki Rata

Sebagian orang memiliki kondisi kaki rata, yaitu ketika bagian telapak kaki menekan rata di tanah saat berdiri. Kelainan ini biasanya terjadi sejak anak-anak ketika lengkungan pada kaki tidak berkembang sepenuhnya.

Semakin tua, risiko mengalami masalah ini semakin tinggi karena keausan. Diabetes mellitus dan rheumatoid arthritis juga dapat meningkatkan risiko kaki rata seseorang.

Tendinitis

Tendinitis adalah peradangan pada tendon atau tali tebal dan berserat yang menghubungkan otot ke tulang. Jenis tendinitis yang dapat mempengaruhi sakit pada telapak kaki antara lain:

  • Achilles tendinitis, yakni sakit dan kaku di sepanjang tendon Achilles dan nyeri di bagian belakang tumit.
  • Tendinitis ekstensor, yaitu nyeri di bagian tengah atas kaki.
  • Tendinitis peroneal, yaitu nyeri di sekitar punggung dan bagian luar kaki.

Radang Sendi

Radang sendi menyebabkan rasa sakit dan kaku pada persendian, otot, dan tulang di kaki, termasuk pada telapak kaki. Beberapa radang sendi adalah sebagai berikut.

  • Osteoarthritis yang paling sering menyerang jempol kaki, tetapi juga bisa menyerang bagian tengah kaki.
  • Rheumatoid arthritis, sering menyerang beberapa sendi di kedua kaki dan menyebabkan jari kaki kaku.
  • Asam urat, biasanya dimulai dengan nyeri hebat dan bengkak di jempol kaki.

Kapalan

Kapalan adalah kondisi ketika lapisan kulit menjadi tebal yang sering diakibatkan karena gesekan. Telapak kaki merupakan bagian yang sering terkena kapalan.

Kapalan sering terlihat berbentuk bercak tebal, kekuningan dan mungkin bersisik. Jika sangat tebal, kapalan bisa menyebabkan rasa sakit saat berjalan.

Sindrom Terowongan Tarsal

Sindrom terowongan tarsal yaitu kondisi ketika saraf tibialis posterior dikompresi di dalam terowongan tarsal, sebuah lorong sempit di pergelangan kaki yang dikelilingi oleh tulang dan ligamen penghubungnya. Kompresi menyebabkan nyeri, sensasi terbakar, kesemutan, hingga mati rasa di sepanjang saraf antara pergelangan kaki hingga betis.

Faktor Risiko

Beberapa faktor risiko sakit telapak kaki adalah:

  • Usia orang di antara 40-60 tahun sering mengalami plantar fasciitis karena mengalami keausan pada kaki.
  • Jenis olahraga tertentu, seperti lari jarak jauh, menari balet, dan menari aerobik.
  • Bentuk kaki, misalnya kaki datar, lengkungan tinggi, atau pola berjalan yang tidak biasa.
  • Obesitas, yakni kelebihan berat badan sehingga memberi tekanan ekstra pada telapak kaki.
  • Pekerjaan yang mengharuskan berdiri, misalnya pekerja pabrik dan guru.

Gejala Telapak Kaki Sakit Saat Berjalan

Berdasarkan laman Mayo Clinic dan Healthline, berikut beberapa gejala yang mungkin dialami terkait telapak kaki sakit.

1. Nyeri

Nyeri menusuk di bawah kaki dekat tumit mungkin diakibatkan plantar fasciitis.Nyeri paling terasa ialah pada beberapa langkah pertama setelah bangun tidur atau bangun dari duduk, atau bisa juga dipicu karena berdiri lama.

2. Bengkak

Selain nyeri, kaki juga bisa menjadi bengkak. Jika terjadi hal ini selama 2-5 hari dan tak kunjung membaik maka bawalah ke dokter.

3. Mati Rasa

Kadang tak hanya nyeri, kaki Anda juga mungkin mati rasa atau merasa kesemutan pada sebagian besar atau seluruh bagian bawah kaki.

Cara Mengobati Telapak Kaki Sakit Saat Berjalan

Berikut ini sejumlah cara untuk mengobati telapak kaki yang sakit saat berjalan seperti dilansir dari laman NHS.

Istirahat

Beristirahat adalah cara utama untuk menyembuhkan telapak kaki yang sakit. Saat istirahat, biarkan kaki lemas tak tertekan berat badan. Sebelum beraktivitas, lakukan peregangan terlebih dahulu. Ketika belum sembuh, jangan berolahraga atau beraktivitas yang memicu telapak kaki tambah sakit.

Kompres

Gunakan kompres es atau sekantong kacang polong beku dalam handuk dan tempelkan ke area yang sakit hingga 20 menit setiap 2 hingga 3 jam.

Obat

Minumlah obat parasetamol. Jangan minum ibuprofen dalam jangka waktu 48 jam.

Perbaiki Sepatu

Gunakan sepatu yang nyaman. Pakailah sol atau bantalan lembut di sepatu Anda. Jangan mengenakan sepatu hak tinggi atau sepatu yang terlalu ketat yang bisa menyebabkan telapak kaki cedera.

Turunkan Berat Badan

Jika berat badan Anda cenderung berlebih, cobalah memulai diet. Sebab obesitas membuat tekanan pada telapak kaki.

Demikian tadi penjelasan mengenai penyebab telapak kaki sakit saat berjalan. Telah kita bahas pula gejala dan cara mengatasi sakit pada telapak kaki. Semoga sehat selalu.



Simak Video "Waktu Terbaik untuk Minum Obat Bagi Penderita Diabetes saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(bai/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT